Seorang Pedagang Positif COVID-19, Pasar Wage di Ponorogo Ditutup

Charolin Pebrianti - detikNews
Jumat, 25 Sep 2020 11:11 WIB
Satu Pasar Desa di Ponorogo Ditutup
Foto: Charolin Pebrianti
Ponorogo -

Satu pasar di Desa Mojorejo, Kecamatan Jetis, Ponorogo ditutup. Sebab, ada satu pedagang yang terkonfirmasi positif COVID-19.

Pedagang sayuran tersebut merupakan warga Desa Karanggebang yang berjualan di Pasar Desa Mojorejo. Bahkan yang bersangkutan dijemput tim Satgas COVID-19 di pasar.

"Yang pedagang ketahuan COVID-19, diambil hari Selasa (15/9) lalu. Taunya kok diambil itu ternyata positif COVID-19," tutur Kasie Pelayanan Desa Mojorejo, Bisri kepada wartawan, Jumat (25/9/2020).

Di Pasar Mojorejo ini total ada 50 pedagang. Sebagian besar merupakan pedagang yang berasal dari Desa Karanggebang.

"Sementara kami tutup pasar Desa Mojorejo sampai kondisi dirasa aman," jelas Bisri.

Bisri menjelaskan penutupan baru dilaksanakan per Jumat (25/9) hari ini. Sebab, pasar desa ini hanya buka saat hari pasaran Jawa, Wage.

"Selama dua wage kemarin, kita juga sudah antisipasi dengan thermogun dan masker. Hasilnya tidak ditemukan pedagang atau pembeli yang bersuhu mengarah ke COVID-19," terang Bisri.

Menurutnya, penutupan pasar ini dilakukan guna mencegah penyebaran COVID-19. Sebab, masyarakat khawatir ada klaster pasar. Dua hari sebelum penutupan, Pemdes sudah memberikan pengumuman kepada pedagang agar sementara tidak berjualan hingga kondisi aman.

"Jadi Pemdes mengambil sikap untuk menutup sementara pasar desa tersebut dalam rangka untuk menghambat perkembangan COVID-19," ujar Bisri.

(fat/fat)