Ini Penyebab Gempa M 4,7 Pacitan Terasa Begitu Kuat

Purwo Sumodiharjo - detikNews
Kamis, 24 Sep 2020 22:17 WIB
Gempa M 4,7 yang mengguncang Pacitan dirasakan begitu kuat oleh warga. BPBD setempat menyampaikan, kuatnya guncangan disebabkan episenternya tergolong dangkal.
Didik Alih Wibowo, Kepala Pelaksana BPBD Pacitan/Foto: Purwo Sumodiharjo/detikcom
Pacitan -

Gempa M 4,7 yang mengguncang Pacitan dirasakan begitu kuat oleh warga. BPBD setempat menyampaikan, kuatnya guncangan disebabkan episenternya tergolong dangkal.

"Kebetulan lokasinya cukup dekat dan dangkal sehingga dirasakan lebih kuat," kata Didik Alih Wibowo, Kepala Pelaksana BPBD kepada detikcom, Kamis (24/9/2020) malam.

Mengacu pada rilis BMKG, Didik menjelaskan, gempa Pacitan yang terjadi tak berpotensi tsunami. Warga pun diimbau tetap tenang. Hal ini karena gempa yang terjadi kekuatannya di bawah magnitudo 5.

"Sampai dengan saat ini belum ada rilis terkait dengan adanya ancaman bencana yang lebih," imbuhnya.

Didik membenarkan, belakangan ini tren gempa mengalami peningkatan. Karenanya warga diimbau terus waspada. Terutama jika getarannya dirasakan kuat.

Yang terpenting adalah menanamkan kesiapsiagaan. Pun begitu masyarakat tidak boleh panik saat gempa terjadi. Sebaliknya tetap tenang sembari menghindari lokasi yang berpotensi menimbulkan bahaya.

"Masyarakat tidak boleh lengah, tidak boleh abai. Bahwa sudah terbiasa ada gempa seperti itu, tidak boleh," tambah pria asli Nganjuk tersebut.

BMKG mencatat, gempa pacitan tersebut berkekuatan magnitudo 4,7. Pusat gempa berada pada koordinat 8.78 LS, 110.88 BT. Atau 72 km barat daya Kabupaten Pacitan dengan kedalaman 24 km.

(sun/bdh)