3.897 Kawula Muda Surabaya Positif COVID, Razia Tempat Nongkrong Digencarkan

Deny Prastyo Utomo - detikNews
Senin, 21 Sep 2020 14:59 WIB
remaja nongkrong
Remaja Surabaya nongkrong (Foto: Amir Baihaqi)

"Lokasi-lokasi seperti itu dan pengunjungnya banyak, akan dilakukan rapid tes. Seperti kemarin (Sabtu malam minggu) di Taman Apsari, rata-rata pakai masker, cuman jaga jaraknya itu, makanya kita terpaksa melakukan rapid test," ungkap Eddy.

Selain rapid test, Eddy juga bekerjasama dengan polisi utnuk melakukan tes narkoba di tempat-tempat seperti bar, karaoke, dan warung yang menjadi tongkrongan anak-anak muda di Surabaya.

"Makanya kita nanti akan bekerjasama dengan polisi. Seperti di Brasery kemarin. Kita angkut semua, kita tes narkoba dari polisi. Kita lakukan tes COVID dari Dinas Kesehatan kita lakukan," tandas Eddy.

Diberitakan sebelumnya, Sebanyak 109 pengunjung dan karyawan Brassery di Jalan Gubeng diangkut ke Polrestabes Surabaya. Bar tersebut nekat beroperasi sampai dini hari di tengah Pandemi COVID-19. Razia itu digelar pada dini hari tadi sekitar pukul 01.00 WIB.

"Pengunjung berjumlah 82 orang. Pihak karyawan dan manajemen berjumlah 27 orang diamankan di Polrestabes Surabaya. Dengan jumlah keseluruhan sebanyak 109 orang," kata Kasat Reskrim Polrestabes Surabaya AKBP Sudamiran kepada detikcom.

Menurut Sudamiran, setelah diamankan mereka langsung menjalani rapid test dan tes urine. Hasilnya, seluruhnya dinyatakan non-reaktif. Tetapi 2 orang dinyatakan positif narkoba.

"Hasil rapid test semua negatif. Jadi kami pulangkan semua. Tapi ada 2 orang yang tes urine-nya positif menggunakan narkoba. Dan untuk keduanya tetap kami amankan," kata Sudamiran.

Halaman

(iwd/iwd)