Misteri Jenis Bangunan di Situs Candi Patakan Lamongan

Eko Sudjarwo - detikNews
Senin, 21 Sep 2020 13:59 WIB
Situs Candi Patakan Lamongan
Ekskavasi Situs Candi Patakan tahap 4/Foto: Eko Sudjarwo
Lamongan -

Jenis bangunan di Situs Candi Patakan Lamongan masih menjadi misteri. Apakah berupa candi atau rumah ibadah seperti vihara?

Misteri ini yang akan dibongkar selama ekskavasi tahap 4 yang dimulai hari ini. Arkeolog dari Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Trowulan Mojokerto, Wicaksono Dwi Nugroho menyebut, target utama ekskavasi tahap 4 ini yakni membuka pintu utama serta bagian dalam bangunan.

"Kita cari bilik dalam, karena ini yang masih menjadi misterinya kan," kata Wicaksono di sela proses ekskavasi Candi Patakan di Desa Patakan, Kecamatan Sambeng, Senin (21/9/2020).

Menurut Wicaksono, jika nanti sudah membuka bagian dalam, maka bisa disimpulkan jenis bangunan Situs Candi Patakan tersebut. Jika saat ekskavasi tahap 4 ini ditemukan arca, maka Situs Candi Patakan adalah sebuah candi.

"Kalau ada arca-nya berarti sebuah candi, tapi kalau vihara, dia tidak ada (arca)," ujarnya.

Wicaksono mengungkapkan, proses ekskavasi tahap 4 dikerjakan oleh 20 orang pekerja. Selain melibatkan arkeolog BPCB Trowulan, ekskavasi juga melibatkan relawan yang tergabung dalam Komunitas Laskar Airlangga.

Simak video 'Awalnya Tak Diperhatikan, Batu-batu Ini Diduga Kuat Reruntuhan Candi':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2