109 Pengunjung dan Karyawan Bar di Surabaya Diamankan Lalu Rapid Test

Amir Baihaqi - detikNews
Minggu, 20 Sep 2020 23:11 WIB
Sebanyak 109 pengunjung dan karyawan bar di Surabaya diamankan. Bar tersebut nekat beroperasi sampai dini hari di tengah pandemi COVID-19.
109 pengunjung dan karyawan bar di Surabaya yang diamankan/Foto: Istimewa
Surabaya -

Sebanyak 109 pengunjung dan karyawan bar di Surabaya diamankan. Bar tersebut nekat beroperasi sampai dini hari di tengah pandemi COVID-19.

Razia itu digelar pada dini hari tadi sekitar pukul 01.00 WIB. Yakni di Brassery Eatry Bar & Lounge, Jalan Gubeng Nomor 58.

"Pengunjung berjumlah 82 orang. Pihak karyawan dan manajemen berjumlah 27 orang diamankan di Polrestabes Surabaya. Dengan jumlah keseluruhan sebanyak 109 orang," kata Kasat Reskrim Polrestabes Surabaya AKBP Sudamiran kepada detikcom, Minggu (20/9/2020).

Menurut Sudamiran, setelah diamankan mereka langsung menjalani rapid test dan tes urine. Hasilnya, seluruhnya dinyatakan non-reaktif. Tetapi 2 orang dinyatakan positif narkoba.

"Hasil rapid test semua negatif. Jadi kami pulangkan semua. Tapi ada 2 orang yang tes urine-nya positif menggunakan narkoba. Dan untuk keduanya tetap kami amankan," tutur Sudamiran.

Sudamiran melanjutkan, razia Rumah Hiburan Umum (RHU) dilakukan setelah adanya laporan masyarakat bahwa masih ada yang beroperasi di tengah pandemi. Petugas yang melakukan terdiri gabungan dari polisi, TNI dan Pemkot Surabaya.

Menurut Sudamiran, pihaknya kini tengah menyelidiki pihak manajemen RHU tersebut. Untuk itu pihaknya telah memeriksa pengelola apakah beroperasinya RHU itu ada unsur pelanggaran atau tidak.

"Sudah kami mintai keterangan nantinya apakah memang ada pelanggaran terhadap Undang-undang kesehatan di masa pandemi ini atau tidak," pungkas Sudamiran.

(sun/bdh)