Polisi Dalami Motif Pembuatan Video Pria Salat Berjemaah Sambil Main HP

Hilda Meilisa Rinanda - detikNews
Sabtu, 19 Sep 2020 17:07 WIB
Video dua orang sedang salat berjemaah beredar luas. Video berdurasi 2,56 menit ini memperlihatkan sang makmum salat sembari bermain HP.
Makmum salat sembari bermain HP/Foto: Tangkapan Layar
Surabaya -

Polisi Sampang menyelidiki video salat berjemaah yang viral. Polisi mendalami soal alasan pembuatan video yang menunjukkan sang makmum salat sambil main HP itu.

Kapolres Sampang AKBP Abdul Hafidz mengatakan, salat berjemaah itu digelar di Desa Gunung Rancak, Kecamatan Robatal. Polsek Robatal dibantu dengan tokoh agama di ponpes setempat, tengah mendalami alasan di balik pembuatan video tersebut.

"Sementara lagi didalami polsek dengan dibantu juga ponpes," kata Abdul saat dikonfirmasi detikcom, Sabtu (19/9/2020).

Abdul menyebut, pendalaman ini juga dibantu Kepala Desa Gunung Rancak. Sebelumnya, video itu viral di akun Instagram @autoblarr. Video tersebut diunggah sejak 2 hari lalu.

Dalam video yang dilihat detikcom, salat tersebut diawali dengan takbiratul ikhram seperti salat pada umumnya. Lalu di tengah salat, terdengar adanya gelak tawa dari si perekam video.

Kemudian, terlihat pria yang menjadi makmum mengeluarkan HP dari balik sarungnya dan langsung memainkannya. Sementara sang imam tetap melanjutkan salatnya seperti biasa.

Lalu saat imam rukuk, si makmum juga ikut rukuk. Namun tetap sambil memainkan HP-nya. Tawa si perekam video pun terdengar lebih kencang.

Salat berjemaah itu terus berlanjut hingga sujud. Namun, si makmum masih terlihat memainkan HP-nya.

(sun/bdh)