Seniman Apresiasi Pemkab Banyuwangi yang Kembangkan Seni Budaya Lokal

Ardian Fanani - detikNews
Jumat, 18 Sep 2020 13:01 WIB
Komunitas Seniman dan Budayawan Banyuwangi mengapresiasi kinerja pemkab selama 10 tahun terakhir. Yakni dalam mengembangkan seni budaya.
Pertemuan seniman di Pendopo Shaba Swagata Blambangan, Banyuwangi/Foto: Ardian Fanani
Banyuwangi -

Komunitas Seniman dan Budayawan Banyuwangi mengapresiasi kinerja pemkab selama 10 tahun terakhir. Yakni dalam mengembangkan seni budaya.

Salah satu keberhasilannya yakni membuat masyarakat Banyuwangi semakin percaya diri menunjukkan identitas budaya, dan kearifan lokal yang telah lama tenggelam. Pelaksana Tugas Ketua Dewan Kesenian Blambangan (DKB), Hasan Basri mengatakan, Banyuwangi telah berhasil membuat citra kebudayaan dan kesenian daerah menjadi tersohor di tingkat nasional bahkan dunia.

"Berbagai event yang mengundang seni budaya Banyuwangi ke level internasional telah membuktikan itu. Seni budaya daerah telah diangkat ke level yang membuat kami bangga," kata Hasan Basri dalam pertemuan di Pendopo Shaba Swagata Blambangan, Jumat (18/9/2020).

Menurutnya, keberhasilan tersebut membuat masyarakat Banyuwangi semakin percaya diri menunjukkan identitas budaya dan kearifan lokal yang telah lama tenggelam. "Dulu, kami pakai udeng itu malu, sekarang ini dengan memakai udeng kita lebih percaya diri," ungkap Basri.

Dia menilai, langkah pemerintah daerah turut mengembangkan seni budaya sudah tepat. "Seniman ikut merasakan berkahnya dan putaran ekonominya. Tentunya para penggiat pariwisata juga merasakan itu," tambahnya.

Selain itu, Hasan mengapresiasi langkah Banyuwangi yang menjadikan Banyuwangi menjadi destinasi arsitektur yang tidak terpikirkan sebelumnya. Bupati Abdullah Azwar Anas selama 10 tahun terakhir telah menjadikan arsitektur lokal sebagai kiblat pembangunan fisik yang ada di daerah.

"Dulu pemerintah memberikan subsidi untuk mempertahankan umah adatnya, tapi sekarang masyarakat berlomba-lomba turut membangun rumah adat ataupun gedung berarsitektur lokal," katanya.

Dia berharap ke depan, gairah untuk mengembangkan kebudayaan selalu terjaga. Sementara itu Bupati Abdullah Azwar Anas menilai, komunikasi antarseniman dan pemerintah sangat penting dibangun untuk kemajuan bersama.

Selanjutnya
Halaman
1 2