Dengan Prestasi dan Inovasi, Banyuwangi Optimis Jadi Wisata Studi Banding

Ardian Fanani - detikNews
Kamis, 17 Sep 2020 20:16 WIB
Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengajak Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) tetap optimis dan kreatif. Meski saat ini masih pandemi COVID-19.
Bupati Anas saat bersilaturahmi dengan sejumlah penggerak Pokdarwis di Pendopo Shaba Swagata Blambangan/Foto: Ardian Fanani

Pihaknya menilai sektor kesehatan menjadi nilai jual utama pariwisata pasca-COVID-19. Maka dia mendorong komunitas dengan total 68 kelompok yang tersebar di Kabupaten Banyuwangi ini, melakukan protokol kesehatan sehingga membuat wisatawan merasa aman.

"Kalau Pokdarwis melakukan protokol COVID-19, lalu merasa aman, orang akan kembali lagi. Namun jika wisatawan merasa tidak aman, orang tidak akan kembali," kata Anas.

Sementara Wildan Sukirno, Ketua Pokdarwis Banyuwangi mengatakan, selama sepuluh tahun terakhir perkembangan pariwisata di Banyuwangi sangat luar biasa. Dia berterima kasih kepada Pemerintah Banyuwangi yang telah mengenalkan pariwisata sehingga dapat meningkatkan ekonomi masyarakat.

Bahkan dengan adanya sejumlah prestasi yang pernah diraih Banyuwangi, Wildan mengungkapkan, sejumlah anggota Pokdarwis dikontrak daerah lain menjadi mentor untuk berbagi pengalaman dalam mengelola ekonomi pariwisata. Seperti Lumajang, Kalimantan Selatan hingga Papua.

Dia berharap pariwisata Banyuwangi ke depan bisa bertahan meski sektor ekonomi pariwisata saat ini sedang terpuruk di tengah pandemi. "Minimal untuk lima tahun ke depan kita bisa bertahan dulu, kita tidak ingin turun, maka saya berharap pariwisata Banyuwangi ada keberlanjutan," pungkas Wildan.

Halaman

(sun/bdh)