Sebelum ke Malang, Syekh Ali Jaber Sempat Berdakwah di Jember

Yakub Mulyono - detikNews
Kamis, 17 Sep 2020 16:54 WIB
Syekh Ali Jaber Dikawal 10 Anggota Banser saat Berdakwah di Jember
Syekh Ali Jaber ceramah di Jember (Foto: Istimewa)
Jember -

Syekh Ali Jaber tetap melakukan dakwah pasca penusukan yang menimpa dirinya di Lampung. Selain ke Malang, Syekh Ali Jaber sempat mampir ke Jember. Saat datang ke Jember, Syekh Ali Jaber dikawal sekitar 10 anggota Barisan Ansor Serbaguna (Banser) NU Cabang Kencong.

"Iya, kemarin sekitar jam 1 siang. Kebetulan kami yang mengawal. Ada sekitar 10 anggota Banser Cabang Kencong," kata Ketua GP Ansor Cabang Kencong, Agus Nur Yasin saat dikonfirmasi, Kamis (17/9/2020).

Menurut Agus, Syekh Ali Jaber ceramah di komunitas pengusaha. Lokasi dakwah di Kecamatan Ajung.

"Pesertanya sekitar 50 orang. Ceramahnya juga nggak lama kok, nggak sampai 1 jam. Kemudian beliau lanjut ke Malang," jelas Agus.

Kenapa tidak melibatkan kepolisian untuk pengamanan? "Itu atas permintaan beliau sendiri. Mungkin nggak ingin terlalu ramai. Beliau inginnya dikawal Banser aja," jelas Agus.

Kendati demikian, Agus tetap melakukan koordinasi dengan pihak Polres Jember. Dan kepolisian tidak mempermasalahkan sepanjang acara tersebut tidak melibatkan terlalu banyak orang.

"Pemberitahuan secara resmi (ke Polres Jember) memang tidak ada. Saya komunikasi dengan Pak Kapolres lewat telepon. Saya sampaikan bahwa Syekh Ali Jaber ke Jember. Saya sampaikan juga bahwa kami melakukan pengawalan atas permintaan Syekh Ali Jaber. Kapolres tidak keberatan, yang penting tidak terlalu banyak pesertanya," kata Agus.

"Dan Alhamdulillah acaranya juga berjalan lancar," sambungnya.

(fat/fat)