Pilkada Serentak di Jatim, Wakapolda: Harus Terapkan Protokol Kesehatan Ketat

Ardian Fanani - detikNews
Rabu, 16 Sep 2020 17:39 WIB
polresta banyuwangi
Sispamkota yang digelar Polres Banyuwangi (Foto: Ardian Fanani)
Banyuwangi -

Wakapolda Jatim Brigjen Polisi Slamet Hadi Supraptoyo berharap Pilkada di Jatim tidak menambah angka penyebaran COVID-19. Pilkada serentak tahun 2020 ini berbeda dengan pilkada sebelumnya karena digelar di tengah pandemi.

Hal tersebut diungkapkan Slamet dalam simulasi Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota) di Banyuwangi, Rabu (16/9/2020). Hadir pula dalam kesempatan tersebut Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas beserta jajaran Forkopimda dan lima Kapolres di wilayah eks Karesidenan Besuki.

"Itu yang utama. Karena pemilu serentak hari ini berbeda dengan pemilu-pemilu sebelumnya. Kita menghadapi COVID-19. Juga kasus COVID-19 di Jatim masih tinggi. Masyarakat maupun petugas dan penyelenggara harus bisa bersama-sama menjaga ini. Itu hukumnya wajib," ujar Slamet kepada detikcom.

Dengan segala persiapan yang baik ini, mantan Kapolres Banyuwangi ini berharap perhelatan Pilbup 2020 bisa berjalan kondusif tanpa ada rintangan berarti.

"Dan yang penting juga, semoga saat Pilkada serentak ini semuanya terhindar dari COVID-19," tambahnya.

Terkait dengan simulasi Sispamkota, pihaknya mengapresiasi kesiapan Polresta Banyuwangi baik dalam pengendalian masa maupun pelaksanaan protokol kesehatan. Dirinya berharap, Polres dan Polresta di Jawa Timur yang menggelar Pilkada untuk mencontoh kesiapan Polresta Banyuwangi dalam menjalankan pengamanan dan kelancaran tahapan pemilu.

"Hari ini kita melihat bersama bagaimana kesiapan unsur pengamanan yang ada di Banyuwangi. Mulai dari TNI-Polri dan aparat yang lain serta penyelenggara yang ada di Banyuwangi untuk mempersiapkan tahapan Pilkada. Baik saat pemungutan suara maupun usai pemungutan," kata Slamet.

"Latihan tadi menggambarkan kesiapan pengamanan pemilu di Banyuwangi. yang tidak kalah penting, pelaksanaan latihan tadi semua harus menaati protokol kesehatan," pungkasnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2