Angka Kematian COVID-19 di Jatim Tinggi, Satgas Dapat Bantuan 210 Ventilator

Faiq Azmi - detikNews
Selasa, 15 Sep 2020 20:53 WIB
Jatim mendapat bantuan 210 ventilator
Jatim mendapat bantuan 210 ventilator (Foto: Faiq Azmi)
Surabaya -

Kasus kematian di Jawa Timur masih menjadi yang tertinggi secara nasional. Ada 2.832 kasus kematian atau 7,3 persen dari kasus kumulatif di Jatim.

Untuk mengatasi tingginya kasus kematian, Satgas COVID-19 Jatim melalui Kemenkes RI mendapat bantuan 210 unit alat ventilator dari USAID. Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengatakan bantuan ventilator tersbut akan didistribusikan kepada rumah sakit rujukan COVID-19 di Jatim. Sudah ada 50 dari 210 ventilator yang diserahkan di Jatim.

"Terima kasih, bantuan ini merupakan penguatan untuk Jatim menangani COVID-19. Bantuan ventilator akan kita distribusikan ke rumah sakit rujukan di Jatim," kata Gubernur Khofifah di Gedung Negara Grahadi, Selasa (15/9/2020).

Khofifah menjelaskan pihaknya baru saja mengadakan rapat virtual dengan Menko Marves. Dalam rapat itu, Menko Marves menyampaikan pesan Presiden RI Joko Widodo yang meminta agar penyebaran COVID-19 di daerah bisa dikendalikan.

"Dalam rapat bersama Menko Marves, Pak Presiden menyampaikan harapannya agar semua proses penyebaran COVID-19 bisa kita kendalikan. Bagaimana tingkat kesembuhan bisa kita tingkatkan dan angka kematian bisa kita turunkan," jelas Khofifah.

Oleh sebab itu, Khofifah menilai rumah sakit harus menjadi garda terdepan untuk menurunkan angka kematian dengan ditingkatkannya layanan kuratif dan juga meningkatkan angka kesembuhan.

"Kita ingin wujudkan bagaimana maksimalisasi kualitas layanan bisa kita berikan. Kita tingkatkan semangat dan harapan sembuh dari pasien COVID-19. Peralatan ventilator ini penting sebagai penanganan pasien yang sudah masuk fase gagal nafas akut," tegas Khofifah.

Selanjutnya
Halaman
1 2