Getaran Gempa Pacitan M 5,1 Tidak Dirasakan Warga

Purwo Sumodihajo - detikNews
Kamis, 10 Sep 2020 16:06 WIB
Gempa Pacitan, Jawa Timur
Gempa Pacitan (Foto: Tangkapan Layar)
Pacitan -

Gempa M 5,1 mengguncang Pacitan, Kamis (10/9/2020) pukul 15.27 WIB. BMKG mencatat koordinat gempa pada 8.71 LS,110.89 BT atau 63 km barat daya Pacitan dengan kedalaman 31 km.

Meski tergolong gempa dangkal, namun tidak semua warga Kota 1001 Gua merasakan getaran Gempa Pacitan. Hal ini seperti diakui Musdalifah, warga Lingkungan Ngampel, Ploso. Ibu rumah tangga itu bahkan bertanya kapan gempa terjadi.

"Menapa inggih (apa iya)? Saya ndak merasa. Mungkin karena sedang di jalan," ucapnya seraya menghentikan sepeda yang dikayuhnya.

Hal berbeda dirasakan warga lain. Ny Digdo yang tinggal berseberangan dengan Musdalifah mengaku terkejut dengan guncangan gempa bumi. Dia pun sontak lari keluar rumah saat merasakan getaran.

"Tidak terlalu lama. Tapi lumayan keras," paparnya.

Kasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Pacitan mengatakan sejauh ini belum ada laporan kerusakan. Diperkirakan getaran gempa hanya sekitar II MMI. Karenanya banyak warga tak merasakan.

"Wajar kalau banyak yang tidak merasakan. Dan sejauh ini alhamdulillah tidak ada laporan kerusakan," paparnya seraya mengimbau warga tidak panik namun tetap siap siaga.

(fat/fat)