Ibu Melahirkan Caesar Tak Pengaruhi Imunitas Bayi Saat Pandemi COVID-19

Esti Widiyana - detikNews
Selasa, 08 Sep 2020 09:25 WIB
Team of doctors and nurses wear masks and gloves and prepare for surgery.
Foto: iStock
Surabaya -

Sempat ramai di media sosial adanya penelitian berisikan tentang proses melahirkan caesar mempengaruhi imunitas bayi. Sebab, jalur lahir bisa mempengaruhi kolonisasi bakteri dan mikrobiota saluran cerna yang penting untuk perkembangan imunitas anak. Benarkah hal itu?

Spesialis Kebidanan dan Kandungan RS Adi Husada Undaan Wetan, dr Sonny Iwan Santoso SpOG tidak membenarkan hal tersebut. Masalah imunitas tidak berpengaruh dari proses persalinan terhadap bayi.

Namun terkait adanya penelitian tersebut Sonny mengaku pernah dilakukan. Namun hasilnya tidak sepenuhnya mempengaruhi imunitas anak.

"Tidak benar. Memang benar ada penelitian itu dan pengaruh juga, tapi tidak murni seperti itu (melahirkan caesar, red). Karena setelah lahir bayi akan dilakukan pemberian ASI dan nutrisi lainnya," kata Sonny, Selasa (8/9/2020).

Sonny menjelaskan, melalui proses persalinan caesar bisa saja berdampak pada imunitas bayi. Namun di sisi lain, proses melahirkan secara normal juga tidak bisa dipaksakan di setiap ibu yang akan melahirkan.

"Penelitian tersebut benar (Tapi bukan berdampak pada imunitas bayi). Tapi kan pasien juga tidak bisa dipaksakan untuk lahiran normal cuma karena hal tersebut," jelasnya.

Tetapi untuk ibu hamil yang hendak melahirkan dengan cara caesar tidak perlu khawatir. Selama diberi ASI dan nutrisi, tidak akan mempengaruhi imunitas bayi yang dilahirkan secara caesar.

"Kalau imunitas tidak pengaruh. Imunitas loh ya. Karena imun itu sistem kekebalan tubuh, tapi kalau kondisi kesehatan ibu itu berpengaruh ke kondisi bayi yang akan dilahirkan," pungkasnya.

(fat/fat)