Tujuh Partai Nonparlemen Banyuwangi, Merapat ke Ipuk-Sugirah

Ardian Fanani - detikNews
Sabtu, 05 Sep 2020 21:39 WIB
ipuk-sugirah
7 partai nonparlemen mendukung Ipuk-Sugirah (Foto: Ardian Fanani)
Banyuwangi -

Jelang mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebagai calon Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani Azwar Anas, mendapat dukungan partai politik nonparlemen di Banyuwangi. Sebanyak 7 parpol nonparlemen ini secara bersamaan memberikan surat rekomendasi kepada pasangan Ipuk Fiestiandani Azwar Anas dan Sugirah di Pilbup Banyuwangi 2020.

Sebelumnya, kubu Yusuf Widyatmoko-Gus Riza mengklaim mendapat dukungan dari partai nonparlemen, kini tujuh partai nonparlemen melakukan deklarasi menyatakan dukungan pada Ipuk Fiestiandani-Sugirah.

Tujuh partai non parlemen tersebut adalah Partai Amanat Nasional (PAN), Perindo, Berkarya, Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Garuda, PKPI, dan PBB.

Deklarasi tersebut dihadiri oleh unsur pimpinan partai. Hanya unsur dari PBB yang tidak hadir.

"Untuk perwakilan PBB berhalangan hadir, namun telah turut menyatakan dukungan pada Ipuk-Sugirah," kata Khairul Falah juru bicara 7 partai non parlemen di rumah Ipuk Fiestiandani di Lingkungan Baluk, Kelurahan Kebalenan, Sabtu (5/9/2020).

Falah mengatakan terkait pihak yang telah mengklaim mendapat dukungan dari aliansi partai non parlemen, perlu dipertanyakan keabsahannya.

"Untuk klaim itu biasa-biasa saja. Tapi perlu dipertanyakan keabsahannya. Karena kami yang datang deklarasi kali ini, secara sah dan legal menyatakan dukungan dengan disertai surat rekomendasi," tambah Khairul Falah yang juga ketua partai Perindo Banyuwangi ini.

Menurut Falah surat dukungan model B1 KWK Parpol dari DPW Perindo Jatim telah turun dan menyatakan dukungan pada Ipuk-Sugirah. Surat dukungan tersebut ditandatangani oleh Ketua DPW Perindo, Muhammad Mirdasy dan Sekretaris, M. Badaruddin.

Ketua PAN Banyuwangi, Sugiarto mengatakan, DPP PAN juga telah memberikan surat rekomendasi pada Ipuk-Sugirah.

"Melihat sejarah PAN yang turut mendukung Bupati Abdullah Azwar Anas selama dua periode, sehingga rekomendasi turun ke Ipuk-Sugirah," kata Sugiarto.

Sugiarto mengatakan dukungan ini untuk merawat kebersamaan dan tradisi.

"Pemahaman kami pembangunan yang efektif dan bisa dirasakan oleh masyarakat, adalah pembangunan yang berkesinambungan. Selama ini pembangunan Banyuwangi telah dirasakan Bupati Anas," tambahnya.

Selain menerima 7 parpol non parlemen, Ipuk juga meminta doa restu dan berpamitan pada tetangga-tetangganya di Kelurahan Kebalenan, Kecamatan Banyuwangi.

"Saya ingin mengawali semuanya dari tetangga. Hari ini saya pamitan kepada tetangga. Doa restu mereka sangat penting bagi kami," kata Ipuk kepada detikcom.

Lebih dari 50 tetangga hadir bertemu Ipuk, dengan tetap menjalankan protokol kesehatan. Ipuk pun meminta saran dan masukan kepada para tetangga. Setelah itu bersama para tetangga melantunkan selawat.

"Saya minta izin dan doa restu kepada bapak/ibu untuk maju sebagai calon bupati. Saya titip agar masyarakat tetap menjaga silaturahmi dan kerukunan," katanya.

Sementara itu, Sudirman, Ketua RT 5 RW 2 mengenal Ipuk adalah orang yang sangat peduli dengan tetangga sekitar.

"Bu Ipuk ini luar biasa kemasyarakatannya. Beliau mau menyapa masyarakat, dan selalu membantu warga," kata Sudirman.

(iwd/iwd)