Gunung Bromo Sudah Sepekan Dibuka, Bagaimana Evaluasinya?

M Rofiq - detikNews
Sabtu, 05 Sep 2020 19:24 WIB
bromo
Pengunjung Bromo memakai masker (Foto: M Rofiq)
Probolinggo -

Gunung Bromo sudah seminggu ini dibuka. Dan antusias wisatawan benar-benar di luar dugaan. Kunjungan wisata terus memenuhi kuota 736 wisatawan per hari.

"Antusias wisatawan cukup bagus dan setiap hari kunjungan penuhi kuota," ujar Kepala Seksi Wilayah 1 Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) Sarmin, Sabtu (5/9/2020).

Protokol kesehatan dipatuhi para wisatawan. Mereka selalu menggunakan masker. Bromo sendiri sempat ditutup selama 6 bulan.

Mulai dari pintu masuk, setiap pengunjung diwajibkan mencuci tangan dengan sabun di wastafel di sebelah pos tiket masuk. Pengunjung yang masuk dipantau apakah sudah mengenakan masker atau belum.

Pengunjung juga sadar dengan membeli tiket untuk menghindari kontak langsung. Dan selama sepekan ini tidak ada laporan kasus penularan di area wisata Gunung Bromo dari pintu masuk di 4 wilayah yakni Lumajang, Malang, Pasuruan, dan Probolinggo.

Dengan hasil yang baik dan tidak ada kendala saat uji coba, pihak pengelola dan pihak terkait akan melakukan evaluasi untuk melakukan penambahan kuota kunjungan perharinya.

"Bahkan di saat weekend banyak penolakan pembelian tiket secara online karena melebihi kuota yang ditetapkan. Sejak sepekan tidak ada kasus penularan COVID-19 di Bromo. Kebanyakan wisatawan sadar dan patuhi protokol kesehatan, maka dengan hasil yang bagus, maka kita akan melakukan evaluasi penambahan kuota dengan pihak terkait," tandas Sarmin.

(iwd/iwd)