27 Dokter di Jatim Meninggal Terpapar COVID-19, Terbanyak Surabaya

Esti Widiyana - detikNews
Senin, 31 Agu 2020 14:02 WIB
Poster
Ilustrasi Corona (Foto: Edi Wahyono/detikcom)
Surabaya -

Selama pandemi COVID-19, di Indonesia sudah ada 99 dokter yang meninggal terpapar virus Corona. Di Jawa Timur, ada 27 dokter meninggal dan paling banyak dari Surabaya.

"Dokter yang meninggal karena COVID-19 di Jatim ada 27, paling banyak dari Surabaya 9," kata Ketua IDI Jatim dr Sutrisno SpOG saat dihubungi detikcom, Senin (31/8/2020).

Namun, tidak semua dokter yang meninggal murni karena virus COVID-19. Melainkan terdapat penyakit penyerta yang membuat kondisi tubuh semakin memburuk.

"Iya, yang sebagian besar ada komorbid, karena usia, karena diabetes ada juga yang jantung," ujarnya.

Sutrisno mengatakan, dari 27 dokter di Jatim yang meninggal karena terinfeksi COVID-19 kebanyakan tidak menangani pasien Corona secara langsung. "Sebagian besar mereka melayani pasien biasa bukan pasien COVID-19. Ada juga yang menangani langsung pasien COVID-19," jelasnya.

Banyaknya dokter yang meninggal akibat terpapar COVID-19, Sutrisno mengimbau masyarakat mentaati protokol kesehatan. Seperti menghindari kerumunan, jaga jarak, cuci tangan, menggunakan hand sanitizer hingga menggunakan masker.

"Patuhi protokol kesehatan, mematuhi itu saja sudah bagus. Banyak masyarakat yang tidak patuh masalahnya, mematuhi saja itu sudah top," pungkasnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2