Komunitas Menanam di Pacitan Kampanye Cinta Hutan dengan Layangan

Purwo Sumodiharjo - detikNews
Minggu, 30 Agu 2020 18:36 WIB
Komunitas menanam di Pacitan kampanye cinta hutan. Uniknya, kampanye digelar dengan media layangan.
Kampanye cinta hutan dengan layangan di Pacitan/Foto: Purwo Sumodiharjo
Pacitan -

Komunitas menanam di Pacitan kampanye cinta hutan. Uniknya, kampanye digelar dengan media layangan.

Kegiatan pesta layangan tradisional di Desa Sukoharjo tampak istimewa. Selain karena banyaknya peserta, event tersebut juga diwarnai kehadiran layangan raksasa milik komunitas menanam. Mainan yang memanfaatkan empasan angin itu pun menjadi media kampanye menyelamatkan hutan.

"Intinya kami ingin mengajak semua orang untuk mencintai hutan dengan cara menanam," ucap Yudho Tri Kuncoro, koordinator komunitas 'Omah Ngembes', Minggu (30/8/2020) siang.

Untuk membawa layangan raksasa ke tengah area persawahan butuh perjuangan tak mudah. Maklum, layangan berbahan plastik transparan dengan rangka bambu tersebut memiliki ukuran jumbo. Panjangnya sekitar 6 meter dan lebar 4 meter. Belum lagi ekornya berbahan kain yang menjuntai sepanjang 40 meter.

"Di sini ada komunitas menanam dan teman-teman semuanya bersemangat. Kebetulan ada event seperti ini jadi sekalian kita gunakan untuk mengajak warga lain mencintai hutan,"

Pantauan detikcom, tak kurang 30 orang terlibat mengusung layangan raksasa ke lokasi. Sepuluh orang membawa badan layangan. Sedangkan sisanya memegang ekornya. Proses menuju ke tengah persawahan pun makin meriah dengan iringan bedug dan gong.