Beberapa Hal yang Perlu Diperhatikan Jika Ingin Operasi Lasik

Esti Widiyana - detikNews
Sabtu, 29 Agu 2020 07:22 WIB
ilustrasi mata minus
Ilustrasi/Foto: shutterstock
Surabaya -

Operasi laser-assisted in-situ keratomileusis (Lasik) pada mata tidak bisa dilakukan sembarangan. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Salah satunya umur dan kondisi kesehatan pada kornea mata. Dokter spesialis mata Klinik Ciputra SMG Lasik Center dr Diana Wati mengatakan, ada ketentuan batas umur sebelum menjalankan operasi. Minimal usia 18 tahun.

Mengapa harus berusia minimal 18 tahun? Menurut Diana, pada usia tersebut pertumbuhan manusia tidak begitu drastis. Di mana pertumbuhan tidak seperti halnya anak remaja yang masih mengalami proses pertumbuhan.

"Lasik ini kita lakukan pada usia di atas 18 tahun, karena jika masih di bawah itu, manusia masih ada yang namanya masa pertumbuhan tinggi badan. Kalau dilakukan pada usia di bawah 18 akan bisa bertambah minusnya," kata Diana, Sabtu (29/8/2020).

Selain berpengaruh pada tumbuh kembang manusia, operasi lasik juga tidak dianjurkan bagi yang memiliki masalah katarak pada mata. Namun, untuk usia maksimal dalam operasi lasik kornea mata tidak ada batasan, bisa sampai usia lanjut.

"Jadi penanganannya akan beda dengan yang punya katarak. Perlu diwaspadai timbulnya katarak pastinya lebih sulit," ujarnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2