Emak-emak Demo Dinas Pendidikan Jombang Tuntut Belajar Tatap Muka

Enggran Eko Budianto - detikNews
Jumat, 28 Agu 2020 16:00 WIB
Emak-emak Demo Dinas Pendidikan Jombang Tuntut Sekolah Tatap Muka
Emak-emak demo anak sekolah lagi (Foto: Enggran Eko Budianto/detikcom)
Jombang -

Puluhan emak-emak berunjuk rasa di kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Jombang. Mereka menunut pemerintah segera memberlakukan belajar tatap muka di sekolah.

Sekitar 50 emak-emak berorasi di halaman kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Jombang, Jalan Pattimura. Ibu-ibu yang tergabung dalam forum silaturahmi orang tua sayang anak (Forosa) ini juga membawa beragam poster berisi tuntutan.

Mulai dari 'Orang tua kerja anak terlantar di rumah', 'Kasih sayang tidak bisa dengan online', 'Mata anakku lebih berharga daripada pulsa', 'Ku serahkan anakku belajar dengan gurunya', hingga 'Bermain dengan guru tidak bisa dengan online'. Mereka adalah para orang tua siswa tingkat PAUD, TK dan SD di Kabupaten Jombang.

"Kami menyampaikan perasaan para mama, anak-anak kami mengalami penurunan karena belajar online. Salah satunya hafalan anak kami hilang semua," kata Jevi (36), perwakilan Forosa kepada wartawan di lokasi unjuk rasa, Jumat (28/8/2020).

Ia menjelaskan, massa emak-emak menuntut Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Jombang segera menghentikan pembelajaran online atau daring. Pasalnya, ilmu dan kasih sayang guru tidak bisa disampaikan secara maksimal kepada para siswa melalui metode belajar daring. Sementara para ibu tidak mempunyai kemampuan mendidik anak-anak seperti guru.

"Tempat-tempat wisata, pasar, tempat perbelanjaan sudah dibuka. Kan yang datang dari segala penjuru, kita tak tahu orang-orang yang terinfeksi Corona. Kalau sekolah kan orangnya itu-itu saja, juga menjalankan protokol kesehatan," terang Jevi.

Oleh sebab itu, emak-emak Forosa meminta Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Jombang segera memberlakukan sekolah tatap muka. Menurut dia, belajar tatap muka di sekolah bakal aman dari COVID-19 karena menerapkan protokol kesehatan.