Cerita Penjual Es Gabus di Surabaya yang 25 Tahun Keliling dengan Sepeda

Deny Prastyo Utomo - detikNews
Kamis, 27 Agu 2020 11:46 WIB
Masih ingat dengan es gabus atau es roti yang tren di era 90an. Ternyata hingga saat ini masih ada pedagang es gabus keliling di Surabaya.
Sutowo (64), penjual es gabus di Surabaya/Foto: Deny Prastyo Utomo
Surabaya -

Masih ingat dengan es gabus atau es roti yang tren di era 90an. Ternyata hingga saat ini masih ada pedagang es gabus keliling di Surabaya.

Salah satunya Sutowo (64), pria kelahiran Blora, Jawa Tengah. Ia berkeliling menjual es roti atau es gabus di Kelurahan Kebraon, Kecamatan Karangpilang.

Saat dijumpai detikcom, Sutowo tampak tersenyum. Ia menawarkan es yang ia jual. "Ia Mas mau beli es roti (es gabus). Satu harganya Rp 1.000 saja," kata Sutowo, Kamis (27/8/2020).

Sutowo kemudian membuka boks es yang ia bawa. Es ditutup koran agar lebih bertahan lama membeku. Ia pun menawarkan es gabus tersebut dengan dua pilihan. Yang dikasih susu cokelat dan yang tidak.

"Mau dikasih susu apa tidak," imbuh Sutowo.

Setelah melayani satu pembeli, Sutowo pun berhenti sejenak menunggu pembeli yang lain. Kemudian Sutowo menceritakan perjalanan hidupnya menjual es gabus hingga bisa bertahan sampai saat ini.

Pria yang tinggal di RT 02 RW 02, Kelurahan Warugunung, Kecamatan Karangpilang itu mengaku, es gabus yang ia jual bukan buatan sendiri. Melainkan mengambil dari orang lain dan dijual kembali.