Napi Lapas Porong Positif COVID-19 Menjadi Empat Orang

Suparno - detikNews
Selasa, 25 Agu 2020 08:45 WIB
Lapas Porong
Lapas Porong (Foto: Suparno)
Sidoarjo - Napi penghuni Lapas Kelas I Surabaya di Porong yang terkonfirmasi positif COVID-19 menjadi empat orang. Ke empat napi tersebut masih perawatan di ruang isolasi RSUD Sidoarjo.

Kalapas Porong Gun Gun Gunawan mengatakan sebelumnya napi yang terkonfirmasi positif COVID-19 ada dua. Namun hingga kini ada dua napi lagi yang positif.

"Benar ada tambahan dua napi yang positif, saat ini ke empat napi tersebut masih dalam perawatan RSUD Sidoarjo," kata Gun Gun kepada detikcom saat dihubungi, Selasa (25/8/2020).

Gun Gun menambahkan, pihaknya sudah berupaya semaksimal mungkin mencegah penyebaran virus COVID-19 di dalam lapas. Dari awal sudah meniadakan kunjungan bagi keluarga napi yang akan besuk. Selain itu melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin terhapad semua napi dan petugas lapas.

"Kami secara rutin melakukan pemeriksaan kesehatan para napi. Apabila ditemukan napi yang kurang sehat, kemudian dirujuk ke rumah sakit. Dan saat dilakukan rapid test, ditemukan ada 23 napi yang reaktif sudah dirawat di blok khusus kesehatan," tambahnya.

Gun Gun menjelaskan, sampai saat ini pihaknya terus berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Sidoarjo dan membentuk tim melakukan tracing sesuai protokol kesehatan. Selain itu melakukan penyemprotan disinfektan ke seluruh blok hunian napi.

"Serta membuat pokja dari seluruh petugas untuk menangani COVID-19 dengan materi sosialisasi. Sering berolahraga serta meningkatkan kebersihan di masing-masing blok hunian," jelas Gun Gun.

Sementara Humas RSUD Sidoarjo Idham membenarkan, ada tambahan dua lagi napi yang terkonfirmasi positif COVID-19.

"Memang benar saat ini pasien napi yang positif COVID-19 total empat napi. Ke empat napi dirawat di ruang isolasi mawar merah putih RSUD Sidoarjo," tandas Idham.

(fat/fat)