Pengunjung Alun-alun Suroboyo Akan Dibatasi Cegah Kerumunan

Deny Prastyo Utomo - detikNews
Kamis, 20 Agu 2020 13:29 WIB
Pemkot Surabaya akan memperketat pengamanan sejumlah tempat wisata saat libur long weekend. Pembatasan tersebut dilakukan untuk menghindari terjadinya kerumunan warga.
Alun-alun Suroboyo/Foto: Deny Prastyo Utomo
Surabaya -

Pemkot Surabaya akan memperketat pengamanan sejumlah tempat wisata saat libur long weekend. Pembatasan tersebut dilakukan untuk menghindari terjadinya kerumunan warga.

Wakil Sekretaris Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kota Surabaya, yang sekaligus Kepala BPB dan Linmas Surabaya Irvan Widyanto mengatakan, ada beberapa tempat wisata di Surabaya yang selama pandemi ini ditutup. Kemudian yang baru dibuka seperti Alun-alun Suroboyo akan dilakukan pembatasan.

"Untuk wisata mangrove sementara masih ditutup. Taman-taman masih ditutup. Mungkin perlu diantisipasi nanti KBS dan Alun-alun Suroboyo. Termasuk jembatan Suroboyo," kata Irvan saat dikonfirmasi detikcom, Kamis (20/8/2020).

Irvan menjelaskan terkait pengamanan di sejumlah tempat wisata tersebut. Pihaknya sudah berkoordinasi dengan Satpol PP Kota Surabaya dan jajaran Polrestabes Surabaya serta Polres Pelabuhan Tanjung Perak.

"Kita sudah berkoordinasi dengan Satpol PP, juga Bu Kapolres Perak dan Pak Kapolrestabes untuk melakukan langkah-langkah antisipasi untuk pengamanan," ujar Irvan.

Tonton video 'Risma Sidak Warga Tak Pakai Masker Hingga Tegur Kerumunan di Warkop':

[Gambas:Video 20detik]



Plaza Alun-alun Suroboyo yang baru saja diresmikan kini menjadi spot wisata baru. Irvan menyampaikan, pihaknya akan melakukan pembatasan. Sebab Rabu (19/8) warga yang berkunjung cukup ramai.

"Yang jelas mengacu pengalaman tadi malam (Plaza Alun-alun Suroboyo) tetap kita lakukan pembatasan. Jadi ketika sudah 50 persen kapasitas sudah tidak boleh masuk lagi," ungkap Irvan.

Pembatasan pengunjung sudah diatur dalam Perwali No 28 dan No 33 tahun 2020. Irvan menyebutkan, untuk meminimalisir terjadinya penularan COVID-19, pihaknya akan melakukan penyemprotan disinfektan di lokasi wisata secara berkala.

"Setiap hari memang kita akan semprot, untuk menjamin keselamatan bersama," pungkas Irvan.

(sun/bdh)