Sempat Ditutup, Pendakian Gunung Lawu Bakal Dibuka Setelah Malam 1 Suro

Sugeng Harianto - detikNews
Rabu, 19 Agu 2020 12:29 WIB
cemoro sewu
Jalur pendakian Lawu dari Cemoro Sewu dibuka besok (Foto: Sugeng Harianto)
Magetan - Jalur pendakian ke puncak Gunung Lawu melalui Cemoro Sewu Magetan, telah ditutup sejak Minggu (16/8) pukul 16.00 WIB. Jalur akan dibuka kembali mulai besok setelah malam 1 Suro.

"Sesuai laporan pak ADM Perhutani Lawu DS, pintu pendakian Cemoro Sewu masih kita tutup saat ini. Baru kita buka besok hari setelah malam suroan," ujar Bupati Magetan Suprawoto saat dikonfirmasi detikcom Rabu (19/8/2020).

Kang Woto, sapaan akrab Bupati Magetan mengatakan, meski akan dibuka besok, namun tetap ada pembatasan. Pengunjung juga diwajibkan bermasker dan menaati peraturan mulai berangkat sampai turun kembali.

"Pembatasan dan pendaki wajib mentaati peraturan. Nanti polisi, TNI dan tim BPBD juga siaga di Cemoro Sewu," paparnya.

ADM KPH Lawu Asep Dedi Mulyadi membenarkan jalur pendakian puncak Lawu melalui Cemoro Sewu Magetan dibuka besok Kamis (20/8). Pembukaan terhitung pukul 07.00 WIB dan akan terjadwal pemberangkatan setiap 20 menit.

"Betul, besok kita buka kembali pendakian mulai pagi hari pukul 07.00 WIB. Kalau mulai besok tidak ada pembatasan karena momen ledakan pendakian malam HUT RI 17 Agustus dan malam ini, besok kembali normal dan tetap patuhi protokol COVID-19," jelas Asep.

"Nanti sudah kita atur loket dan registrasi menjadi lima. Kemudian semua calon pendaki kita masukan ke taman Cemoro Sewu di dalam gerbang. Untuk menghindari antrean pemberangkatan kita sekat per 10 sampai 20 menit.

Kapolres Magetan AKBP Festo Ari Permana mengimbau kepada para pendaki untuk mematuhi protokol kesehatan. "Kita imbau semua pendaki patuh protokol kesehatan. Kita juga akan siagakan personel untuk memantau jalur Cemoro Sewu yang merupakan jalan provinsi penghubung Magetan Jatim dengan Karanganyar, Jateng," tegasnya.

Kepala Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Sarangan KPH Lawu, Kholil, mengatakan bahwa malam 1 suro masih banyak pendaki yang melakukan ritual di puncak Lawu.

"Menang kita tutup pendakian ke puncak Lawu saat malam 1 suro nanti malam karena biasanya banyak yang ingin ritual," ujar Kholil

Sebelumnya, pendakian ke puncak Gunung Lawu sempat viral karena membludaknya pendaki. Jumlah pendaki telah melampaui batas saat menyambut HUT ke-75 RI, yakni mencapai seribu. (iwd/iwd)