Khofifah Terpukau Lihat Peninggalan Rasulullah di Kota Probolinggo

M Rofiq - detikNews
Selasa, 18 Agu 2020 16:40 WIB
Ada barang peninggalan Rasulullah di Rumah Dinas Wali Kota Probolinggo. Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa sempat singgah untuk melihat barang-barang tersebut.
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa di Rumah Dinas Wali Kota Probolinggo/Foto: M Rofiq
Probolinggo -

Ada barang peninggalan Rasulullah di Rumah Dinas Wali Kota Probolinggo. Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa sempat singgah untuk melihat barang-barang tersebut.

Barang-barang itu milik kolektor dari sejumlah negara. Salah satunya milik kolektor asal Malaysia, Prof Dr Abdul Mannan Bin Embong.

Peneliti dan arkeolog asal Negeri Jiran itu membawa koleksinya ke Indonesia untuk dipamerkan di sejumlah daerah. Untuk sementara barang-barang tersebut dipamerkan terbatas di Rumah Dinas Wali Kota Probolinggo, Habib Hadi Zainal Abidin.

Peninggalan Rasulullah yang dipamerkan seperti dua helai rambut dan surban, darah bekas bekam dan sandal. Selain barang peninggalan Rasulullah, ada juga barang peninggalan Sahabat Rasul. Di antaranya baju perang dan pedang milik Khalid Bin Walid.

Kemudian ada juga beberapa kain Kiswah atau kain penutup Kakbah dan kunci pintu Kakbah. Serta batu Sijjil atau batu yang dibawa burung Ababil untuk menghancurkan pasukan Abrahah.

"Setelah selesai memantau proses uji coba belajar mengajar tatap muka langsung secara bertahap di SMKN 2 dan SMAN 2 Kota Probolinggo, mampir ke Rumah Dinas Wali Kota Probolinggo. Sempat melihat sejumlah barang peninggalan Rasulullah dan para sahabatnya, dan pernak-pernik kain Kakbah dan kuncinya. Ini wisata religi lain. Biasanya wisata religi Wali Songo dan Syech. Di Kota Probolinggo menjadi destinasi wisata religi di Jatim nantinya," kata Gubernur Khofifah, Selasa (18/8/2020).

Ia berharap, ke depan Kota Probolinggo menjadi ikon kota wisata religi. Yakni dengan dibangun Museum Peninggalan Nabi Muhammad dan pernak-pernik sejarah Islam.

Lihat video saat 'Ke Probolinggo, Khofifah Pantau Uji Coba Sekolah Tatap Muka':

[Gambas:Video 20detik]



(sun/bdh)