Awas, Akun FB Walikota Batu Dikloning, Pelaku Minta Dana Bansos

Muhammad Aminudin - detikNews
Minggu, 16 Agu 2020 22:26 WIB
medsos wali kota batu
Medsos Wali Kota Batu yang dikloning (Foto: Tangkapan layar)
Batu -

Akun media sosial Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko menjadi sasaran peretasan. Pelaku mengkloning akun pribadi Dewanti dan digunakan untuk meminta dana bantuan sosial.

Menjadi korban peretasan, Dewanti kemudian mewanti-wanti netizen untuk tidak termakan tipu daya pelaku. Dalam modusnya, pelaku selain menduplikasi nama Dewanti, juga memasang foto profil yang sama.

"Klo ada yg in box dg FB kloningan spy ini, jgn ditanggepin yaaa... di doain aja spy rejekinya banyak dan berkah. Kasian klo cari rejeki dg cara yg tdk baik. Sy gak pernah inbox2 tmn di FB kecuali njawab inbox," tulis Dewanti dalam laman Facebooknya seperti yang dilihat detikcom, Minggu (16/8/2020).

Postingan Dewanti sontak mendapat reaksi netizen. Dan mereka ternyata sudah menjadi sasaran upaya jahat pelaku dengan meminta pertemanan dan mengirim Facebook mesangger.

Yang isinya, meminta dukungan dana untuk kegiatan bantuan sosial. "Wah dia minta pertemanan nih di FB ku... Delete lah..," tulis akun Henny Chaerani di kolom komentar.

Sementara netizen lain mendorong Dewanti untuk melaporkan kejahatan pelaku kepada polisi." Bu dilaporkan saja supaya tidak keterusan dan nipu orang lainnya," kata Surjansjah.

Akun Kenjo Ayu Wulandari B'Hart juga mempertegas bahwa akun Facebook Dewanti telah diretas orang tak bertanggung jawab. "Ada yg mengambil pp dan cover fb akun bu Dewanti Rumpoko dan membuat akun dgn nama ibu Dewanti Rumpoko lalu messenger aku minta dana baksos.. krn aku sdh curiga krn ga mungkin itu terjadi.. kan podho karo nguyahi segoro.. lalu ku cek fb tsb ternyata bukan akunnya bu Dewanti yg berteman dgnku.. dan waktu ku crosscheck ternyata benar bukan beliau," tulis Kenjo Ayu Wulandari B'Hart .

Pelaku sendiri juga dikatakan telah mencoba memperdaya calon korban, dengan meminta dukungan dana bansos dengan mentransfer uang melalui rekening Bank Rakyat Indonesia.

"Dia inbox saya dan saya pancing untuk transfer. Maka saya minta nmr rekeningnya. Dia beri rekening atas nama Sulassanah Minah. Bank BRI No. 0446010210315. Biar fihak BRI memblokir rekening tersebut," ujar Eki Ghulam RL Wildan.

Walikota perempuan pertama di Kota Batu juga telah menemukan jejak keberadaan pelaku. Dewanti di kolom komentar mengunggah di mana keberadaan pelaku diduga bertempat tinggal.

"Ini lokasi yg bersangkutan. Org jauh taunyaaa...
Semoga cpt dpt rejeki yg halal utk keluarga yaaa," tulis Dewanti sembari memposting goggle map keberadaan pelaku.

(iwd/iwd)