BMKG Sebut Hari Ini Sejumlah Wilayah di Jatim Diprakirakan Hujan

Hilda Meilisa - detikNews
Jumat, 14 Agu 2020 09:29 WIB
bmkg juanda
Foto: Tangkapan Layar
Surabaya -

Sejumlah wilayah di Jawa Timur diprakirakan turun hujan hari ini. Intensitas hujan mulai sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang sesaat.

Dari data yang dihimpun dari BMKG Juanda Surabaya, wilayah yang mengalami hujan di siang hingga sore hari yakni di Kota Madiun, Ngawi, Magetan, Kabupaten Blitar, Kabupaten Malang, Kota Malang, Batu, Kabupayen Probolinggo, Lumajang, Jember dan Bondosowo.

Sedangkan di malam hari, wilayah Kabupaten Blitar, Kota Blitar, Kota Malang dan Lumajang akan diguyur hujan. Untuk suhu udara diprakirakan mulai dari 13 hingga 34 derajat celciua dan kelembaban udara di angka 50 hingga 100%. Sementara angin dominan dari timur ke tenggara debgan kecepatan 05 sampai 30 km/jam.

Kasi Data dan Informasi BMKG Klas I Juanda Surabaya, Teguh Tri Susanto mengatakan terjadinya hujan di tengah musik kemarau akibat beberapa hal. Pihaknya telah melakukan analisis mengenai penyebba hujan yang terjadi akhir-akhir ini.

"Pertama, ada indikasi gangguan Gelombang Rossby di Laut Jawa dari 850 mb sampai 200 mb sehingga menyebabkan atmosfer cukup lembab, yang menyebabkan potensi terjadi hujan bertambah besar," kata Teguh kepada detikcom di Surabaya, Jumat (14/8/2020).

Lalu, Teguh menyebut salah satu faktornya yakni anomali suhu muka laut pada 10 Agustus lalu, di perairan Jatim masih cenderung lebih hangat dari biasanya. Hal ini berdampak pada uap air di atmosfer juga bertambah dan mendukung untuk pertumbuhan awan hujan.

Selanjutnya
Halaman
1 2