Gudang Peralatan Dekorasi Ludes Terbakar, Satu Mobil Ikut Hangus

Foto: Ardian Fanani - detikNews
Jumat, 14 Agu 2020 06:50 WIB
Gudang Peralatan Dekorasi Ludes Terbakar, Satu Mobil Ikut Hangus Terbakar
Gudang Peralatan Dekorasi Ludes Terbakar (Foto: Ardian Fanani/detikcom)
Banyuwangi -

Kebakaran terjadi di Banyuwangi. Sebuah rumah yang dijadikan gudang penyimpanan alat-alat dekorasi pernikahan milik Maskiyah (30) di Dusun Karangsari, Desa Watukebo, Kecamatan Rogojampi, ludes terbakar. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam insiden ini. Namun sebuah mobil yang diduga milik pemilik gudang hangus terbakar.

Api menjalar dari dalam gudang yang menyimpan barang dekorasi yang mudah terbakar. Tiga unit mobil pemadam kebakaran mencoba menjinakkan si jago merah. Kejadian kebakaran itu terjadi Jumat (13/8/2020) dini hari.

Sebelum mobil pemadam tiba di lokasi, warga mencoba memadamkan api dengan peralatan seadanya. Namun upaya yang dilakukan warga ini tak sebanding dengan besarnya api yang melalap seluruh bagian gudang. Api pun tetap membara meski warga sudah berulang kali memadamkannya dengan air.

"Api cepat membesar membuat warga sekitar panik, sudah dicoba dipadamkan dengan air selang, tapi ya gitu apinya tetap semakin besar. Alhamdulillah tidak sampai ada korban, karena sedang tidak ada orang," ujar Roy, anak penjaga gudang kepada wartawan.

Selang 20 menit kemudian, mobil pemadam pun tiba di lokasi terjadinya kebakaran. Tiga unit mobil pemadam kebakaran dikerahkan untuk menjinakkan api tak berjalan mulus. Banyaknya perabotan dekorasi yang terbuat dari kayu dan kain membuat api sulit untuk dijinakkan. Butuh waktu sekitar tiga jam lamanya, akhirnya api benar-benar padam.

Selain membakar bangunan rumah dan peralatan dekorasi kebakaran ini juga menghanguskan satu unit mobil Toyota Avansa milik pemilik gudang yang diparkir di dalam gudang. Kendaraan milik pemilik gudang tak terselamatkan, lantaran kendaraan dalam keadaan terkunci.

"Api juga membakar mobil milik yang punya gudang ini. Penyebabnya saya kurang tau, yang terakhir masuk tadi bapak saya. Paling korslet listrik, " tambahnya.

Usai berhasil menjinakkan api, tim Unit Reskrim Polsek Rogojampi melakukan olah TKP. Mereka menduga, kebakaran ini disebabkan adanya hubungan pendek arus listrik di dalam gudang. Polisi memastikan kebakaran ini tak sampai menelan korban lantaran saat kebakaran berlangsung, kondisi gudang dalam keadaan kosong.

"Tidak ada korban, karena memang tidak ada penghuninya di dalam gudang ini. Kebakaran ini diduga karena adanya hubungan pendek arus listrik. Saat olah TKP tadi kami temukan adanya rangkaian kabel listrik yang menggulung terlalu banyak. Ditambah lagi, ada keterangan dari kakak pemilik gudang, bahwa televisi di dalam bangunan ini juga terus menyala," jelas Kompol Agung.

Meski tak sampai menelan korban, akibat kebakaran ini pemilik gudang mengalami kerugian hingga Rp 400 juta. Agar tak sampai menimbulkan musibah lain, petugas PLN setempat untuk sementara waktu memutus aliran listrik di kawasan lokasi terjadinya kebakaran hingga proses olah TKP selesai dilakukan oleh pihak kepolisian.

"Kita juga masih melakukan penyelidikan. Olah TKP dan memeriksa saksi-saksi," pungkasnya.

(fat/fat)