4 Daerah di Jatim Masih Zona Merah, Mana Saja dan Apa Penyebabnya

Faiq Azmi - detikNews
Kamis, 13 Agu 2020 21:53 WIB
covid-19 di jatim
Foto: Tangkapan layar
Surabaya -

Total kasus kumulatif terkonfirmasi positif COVID-19 di Jawa Timur saat ini berjumlah 26.561. 5.060 kasus di antaranya masih aktif/dalam masa perawatan. Saat ini ada 4 wilayah yang masuk zona merah di Jatim.

Empat daerah yang masuk zona merah itu adalah Bondowoso, Kabupaten Blitar, Sidoarjo dan Kota Mojokerto.

Anggota Gugus Kuratif Percepatan Penanganan COVID-19 Jawa Timur, dr Makhyan Jibril mengatakan kemungkinan Bondowoso menjadi zona merah karena klaster Pabrik Udang Situbondo.

"Di pabrik tersebut, mayoritas pekerja yang terpapar COVID-19 berdomisili di Bondowoso. Otomatis kasusnya masuk Bondowoso," kata Jibril.

Kemudian Kabupaten Blitar disebut Jibril menjadi zona merah karena klaster gowes yang menyebabkan puluhan orang terpapar COVID-19.

Lalu untuk Kota Mojokerto, menurut Jibril jumlah kematian yang suspect maupun positif tiba-tiba naik. Kenaikan ini signifikan daripada minggu sebelumnya.

"Tambahan jumlah pasien positif dan suspect yang dirawat tiba-tiba naik cukup banyak dalam seminggu terakhir. Kumulatif pasien positif yang dirawat melebihi jumlah bed isolasi di RS Rujukan, sehingga kemungkinan ada pasien positif yang dirawat di rs non-rujukan. Itu juga salah satu penyebab," terang Jibril.

Untuk Sidoarjo, Jibril menjelaskan angka kematian yang tiba-tiba naik drastis pada pekan awal Agustus sebanyak 17 orang meninggal dunia karena COVID-19.

"Angka itu naik drastis, karena di Juli sempat melandai. Tapi tetap yang menentukan zona di Jatim adalah Satgas COVID-19 Pusat bukan dari kita. Itu hasil study kita," imbuhnya.

Untuk zona oranye di Jatim terdapat di 26 kabupaten/kota yakni Jombang, Pamekasan, Kota Probolinggo, Kabupaten Malang, Jember, Kota Pasuruan, Nganjuk, Bojonegoro, Bangkalan, Kota Surabaya, Kabupaten Probolinggo, Ponorogo, Banyuwangi, Kabupaten Pasuruan, Ngawi, Gresik, Kota Kediri, Kota Malang, Kota Madiun, Kota Batu, Kabupaten Kediri, Lumajang, Kabupaten Mojokerto, Tuban, Lamongan dan Kota Blitar.

Kemudian zona kuning di Jawa Timur terdapat di 8 kabupaten/kota. Yakni Kabupaten Madiun, Sampang, Trenggalek, Sumenep, Situbondo, Tulungagung, Magetan dan Pacitan.

Data terbaru Gugus COVID-19 Jatim, jumlah kasus kumulatif ada 26.561 kasus. Lalu jumlah pasien sembuh 19.548 dan jumlah pasien yang meninggal dunia ada 1.953.

(iwd/iwd)