Perjuangkan Tanahnya, Istri dan Anak Mendiang Salim Kancil Diperiksa Polda Jatim

Hilda Meilisa - detikNews
Rabu, 12 Agu 2020 13:26 WIB
Istri dan Anak Mendiang Salim Kancil Diperiksa Polda Jatim
Istri dan anak mendiang Salim Kancil diperiksa (Foto: Hilda Meilisa Rinanda/detikcom)
Surabaya -

Istri mendiang Salim Kancil, Tijah dan anaknya Ike Nurlia diperiksa Polda Jawa Timur. Keduanya diperiksa menjadi saksi kasus dugaan pencemaran nama baik atas laporan pengusaha tambak udang di Lumajang.

Kuasa hukum Tijah dari LBH Surabaya, Jauhar Kurniawan mengatakan kedatangan Tijah memenuhi panggilan penyidik terkait dugaan pencemaran nama baik. Kasus ini dilaporkan oleh pengusaha PT Lautan Udang Indonesia Sejahtera (LUIS) dengan nomor LBP/19/TV/SUS/JATIM Tanggal 9 April 2020.

"Kami mendatangi panggilan penyidik Polda Jatim terkait dengan adanya dugaan pencemaran nama baik terkait dengan postingan Lumajang TV, yang isinya penyerobotan tanah diatas tanah milik Salim Kancil yang dilakukan oleh PT LUIS, judul seperti yang tersebar di video youtube seperti itu," kata Jauhar di Mapolda Jatim Jalan Ahmad Yani Surabaya, Rabu (12/8/2020).

Jauhar menyebut Tijah saat itu tengah melakukan upaya perlindungan terhadap lahan milik almarhum suaminya. Lahan ini diduga diserobot oleh PT LUIS.

Di video yang diunggah, juga ada Bupati Lumajang Thoriqul Haq, yang sedang melakukan sidak di lahan tersebut. Thoriq sebelumnya telah diperiksa sebagai saksi, di Mapolda Jatim, pada Kamis (9/7) lalu.

"Apa yang bu Tijah upayakan untuk melindungi tanah tersebut sebagai tanah konservasi," ungkap Jauhar.

Tak hanya itu, Jauhar menyebut perjuangan Tijah ini sebagaimana melanjutkan perjuangan yang dilakukan Salim Kancil. Di mana ingin melindungi tanah konservasi agar tidak rusak. Diketahui, PT LUIS juga belum mengantongi perizinan secara lengkap.