Gamelan Peninggalan Sunan Drajat di Lamongan Dikonservasi

Eko Sudjarwo - detikNews
Selasa, 11 Agu 2020 16:47 WIB
gamelan singo mengkok
Gamelan Singo Mengkok peninggalan Sunan Drajat (Foto: Eko Sudjarwo)
Lamongan -

Lamongan kaya akan benda bersejarah yang tersimpan di museum. Salah satu benda bersejarah Lamongan tersebut adalah gamelan Singo Mengkok, seperangkat gamelan peninggalan dari Sunan Drajat yang saat ini sedang dikonservasi dan tersimpan di Museum Sunan Drajat Lamongan.

Kabid Kebudayaan Disparbud Lamongan Mifta Alamudin mengatakan gamelan Singo Mengkok adalah salah satu alat musik yang sering dimainkan oleh Sunan Drajat. Dikenal dengan gamelan Singo Mengkok karena di bagian bawah gamelan tersebut terdapat ukiran patung berbentuk singa yang sedang membungkuk.

"Makna simbolisnya yang pertama adalah Singo (Singa) yang menjadi perwakilan dari tingkah laku kehewanan, dalam hal ini dimaknai sebagai hawa nafsu manusia. Sementara mengkok bisa diartikan sebagai bengkok yang digambarkan dalam ukiran singa yang sedang membungkuk. Secara keseluruhan, Singa yang menunduk ini dideskripsikan sebagai singa yang menahan hawa nafsu dan hanya tunduk di hadapan pencipta-Nya," terang Mifta Alamuddin saat berbincang dengan detikcom, Selasa (11/8/2020).

Melalui gamelan ini, lanjut Mifta, Sunan Drajat menyampaikan nasihat sekaligus gambaran masyarakat di era itu. Melalui gamelan ini juga, imbuh Mifta, Sunan Drajat menyebarkan agama islam. Kini, gamelan yang dimainkan oleh Sunan Drajat tersebut tengah dikonservasi dengan melibatkan Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur.

"Kegiatan konservasi dilakukan pada gamelan Singo Mengkok dan koleksi Museum Sunan Drajat yang terdiri 26 koleksi dengan rincian koleksi kayu sejumlah 12 buah, koleksi perunggu 3 buah, koleksi besi 6 buah serta koleksi besi 11 buah," ujar Mifta.

Melalui gamelan singo mengkok ini, tambah Mifta, Sunan Drajat menyampaikan pitutur dan ajaran Islam ke warga dengan menyanyikan tembang Pangkur. Alunan tembang pangkur Sunan Drajat inilah, imbuh Mifta, yang diiringi oleh gamelan Singo Mengkok.

"Gamelan ini merupakan peninggalan Sunan Drajat yang paling berarti. Sebab gamelan tersebut yang telah berjasa menjadi sarana penyebaran agama Islam," terangnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2