Warga Sebuah Kampung di Sidoarjo Sambut HUT RI dengan Bikin Jalur Pesepeda

Suparno - detikNews
Sabtu, 08 Agu 2020 11:34 WIB
Banyak cara yang dilakukan warga untuk menyambut Hari Kemerdekaan atau HUT RI. Namun ada cara yang berbeda yang dilakukan warga Sidoarjo.
Jalur khusus pesepeda yang dibuat warga Kelurahan Sekadangan/Foto: Suparno
Sidoarjo -

Banyak cara yang dilakukan warga untuk menyambut Hari Kemerdekaan atau HUT RI. Namun ada cara yang berbeda yang dilakukan warga Sidoarjo.

Biasanya warga menyambut Hari Kemerdekaan RI dengan pemasangan umbul-umbul, hiasan, gapura hingga pemasangan Bendera Merah Putih. Namun warga RT 23 RW 07 Kelurahan Sekadangan, Kabupaten Sidoarjo secara mandiri melakukan pengecatan marka jalan, dan sekaligus membuat jalur khusus pesepeda.

Ketua RT 23 Hery Sugiono mengatakan, inisiatif warganya membuat jalur khusus sepeda, dilatarbelakangi atas keprihatinan terpinggirkannya pengguna sepeda oleh pengguna kendaraan bermotor lain, ketika berada di jalan.

Tonton juga 'Gowes Marak Saat Pandemi, Buku Panduan Bersepeda Diluncurkan':

[Gambas:Video 20detik]

"Tujuan utama pembuatan jalur sepeda tersebut untuk mengedukasi warga masyarakat yang melewati wilayahnya, membiasakan belajar berbagi ruang atau jalan. Dengan demikian, para pengguna jalan diharapkan sudah terbiasa berbagi jalan dengan para pengguna jalan lainnya, khususnya pesepeda," kata Hery kepada wartawan, Sabtu (8/8/2020).

Terlebih, pada masa adaptasi kebiasaan baru ini tren olahraga bersepeda meningkat signifikan. Bahkan produsen sepeda sampai kewalahan akibat tingginya permintaan masyarakat. Bahkan di masa pandemi COVID-19, masyarakat yang bersepeda cukup banyak.

"Jalur sepeda sendiri merupakan jalur khusus yang diperuntukkan untuk lalu lintas pesepeda, terpisah dari lalu lintas kendaraan bermotor untuk meningkatkan keselamatan lalu lintas pengguna sepeda," tambah Hery.

Selanjutnya
Halaman
1 2