Ultah ke-47, Bupati Anas Rayakan Bersama Pemulung dan Warga Kurang Mampu

Ardian Fanani - detikNews
Kamis, 06 Agu 2020 20:03 WIB
bupati anas
Bupati Anas merayakan ultahnya bersama pemulung dan warga kurang mampu (Foto: Ardian Fanani)
Banyuwangi -

Hari ini merupakan hari istimewa bagi Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas. Bupati dua periode di Kota Gandrung ini genap berusia 47 tahun. Bupati Anas pun merayakan hari special tersebut bersama para pemulung dan warga kurang mampu di Banyuwangi.

Pemulung di lingkungan Kampung Ujung Kelurahan Kepatihan Kecamatan Banyuwangi Kota, berkumpul di jalan bersama dengan Bupati, Kamis (6/8/2020). Mereka duduk bersama dengan sajian tumpeng. Meski sederhana, masyarakat sangat antusias dan mendoakan yang terbaik bagi Bupati Anas.

"Hari ini hari istimewa bagi saya. Karena ini adalah ulang tahun di akhir masa jabatan kami. Mudah-mudahan jadi tahun yang berkah," ujarnya di depan para pemulung dan warga kurang mampu," ujar Anas di depan para pemulung dan warga kurang mampu.

"Saya sengaja merayakan bersama keluarga pemulung, pengemis dan pekerja di beberapa tempat yang mungkin belum terhormat. Meski demikian, saya bangga karena mereka bagian penting pembangunan di Banyuwangi," tambah Anas.

Di akhir masa jabatannya, masih banyak pekerjaan rumah (PR) yang harus diselesaikan untuk kesejahteraan masyarakat. Terutama, dalam upaya membangkitkan kembali ekonomi masyarakat pascadigempur pandemic COVID-19.

"Masih banyak program yang belum tergarap dengan baik. Baik tantangan ekonomi, dinamika pemerintahan, maupun tantangan yang muncul dari masyarakat. PR kita tentunya paska COVID-19 ialah ketahanan ekonomi dan ketahanan keluarga. Tentu selain program wajib, pendidikan dan kesehatan, ini yang harus jadi prioritas," ungkapnya.

Selain itu, PR yang harus segera diselesaikan oleh Anas ialah pembangunan infrastruktur di pelosok desa. Diakuinya, selama ini Pemkab masih fokus untuk menyelesaikan infrastruktur jalur utama perekonomian.

"Karena anggaran memang terbatas, jadi jejaring utama yang kita beresin dulu. Alhamdulillah sudah rampung, hingga jalan masuk desa yang menjadi prioritas untuk pembangunan," kata Anas.

Bupati Anas berharap di 7 bulan sisa masa kepemimpinannya tersebut, semua PR itu bisa dirampungkan. Jika memang belum bisa maksimal karena keterbatasan waktu, dia berharap siapapun Bupati yang terpilih menggantikannya nanti dapat melanjutkan program pembangunan tersebut.

"Kami berharap siapapun yang terpilih, bisa melanjutkan program-program yang belum rampung ini," tutup Anas.

(iwd/iwd)