Empat Pegawai Positif COVID-19, Kantor Kabupaten Blitar Tutup 4 Hari

Erliana Riady - detikNews
Kamis, 06 Agu 2020 17:38 WIB
Kantor Sekretariat Pemkab Blitar ditutup
Kantor Kabupaten Blitar ditutup (Foto: Erliana Riady/detikcom)
Blitar -

Kantor Sekretariat Pemkab Blitar ditutup setelah diketahui empat pegawainya positif COVID-19. Sebanyak 98 ASN bekerja dari rumah dan 255 orang telah tes swab.

Kepala Badan Kepegawaian dan pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Blitar Mashudi mengatakan, penutupan Kantor Kabupaten (Kankab) Blitar mulai hari ini, Kamis (6/8) sampai besok Jumat (8/8) untuk general cleaning dan sterelisasi semua bagian ruangan dan prasarana yang ada di dalamnya.

"Untuk itu, semua pegawai baik ASN sejumlah 98 orang dan puluhan tenaga honorer, semua bekerja dari rumah. Dan Senin pekan depan, kantor kami buka kembali," kata Mashudi dikonfirmasi detikcom, Kamis (6/8/2020).

Selain general cleaning, satgas COVID-19 juga massif melakukan tracing, testing dan treatment kepada semua kontak erat dengan empat pegawai bagian prokopim yang terkonfirmasi positif COVID-19.

Awalnya, penutupan hanya akan dilakukan di sekda prokopim. Namun karena di mobilitas di gedung tersebut tinggi, Satgas COVID-19 kemudian merekomendasikan agar semua bagian kantor Kabupaten Blitar ditutup untuk general cleaning.

Informasi yang dihimpun, sebanyak 255 pegawai diambil tes swab. Mereka ini merupakan pegawai kankab, dinkes dan Satpol PP Kabupaten Blitar. Sebelumnya tak hanya empat pegawai prokopim yang terkonfirmasi positif Corona. Namun juga ada satu pegawai Dinkes Kabupaten Blitar juga terkonfirmasi positif COVID-19.

Jadi selain Kankab Blitar di Kanigoro, penutupan juga dilakukan di kantor Dinkes Pemkab Blitar di Jalan Semeru, Kota Blitar. Di kantor ini, sekitar 80 pegawai juga bekerja dari rumah.

Sementara, Rabu (5/8) sore data tambahan terkonfirmasi positif COVID-19 sebanyak 51 orang. Namun data itu belum mendapatkan keterangan detail dari Satgas COVID-19 Kabupaten Blitar. Namun satgas menyatakan akan ada revisi data tambahan yang sampai saat ini belum dipublikasikan kembali.

(fat/fat)