Gugus COVID-19 Jatim Sebut Surabaya Masih Zona Merah

Faiq Azmi - detikNews
Rabu, 05 Agu 2020 19:39 WIB
zona hijau dan zona merah kota surabaya
Ilustrasi (Foto: Tangkapan Layar)
Surabaya -

Kota Surabaya masih kategori zona merah. Hal itu bisa dilihat di website milik Satgas COVID-19 Pusat di laman https://covid19.go.id/peta-risiko. Apakah peta tersebut merupakan update terbaru?

Anggota Gugus Kuratif Percepatan Penanganan COVID-19 Jatim, dr Makhyan Jibril mengatakan zona yang ada di website belum terupdate.

"Websitenya belum terupdate. Biasanya memang setiap Selasa ada update zona. Tapi ini belum update. Jadi di peta milik kita sendiri juga masih sama zona-zona kabupaten/kotanya. Karena yang menentukan pusat," kata Jibril kepada detikcom, Rabu (5/8/2020).

Terkait adanya kemungkinan Surabaya zona hijau, Jibril menjelaskan pada dasarnya suatu wilayah yang ingin menjadi hijau harus melewati beberapa proses terlebih dahulu.

"Jadi jenjangnya kan bertahap. Dari merah nanti turun ke oranye. Terus ke kuning dan ke hijau. Zona hijau sendiri sebenarnya di wilayah tersebut tidak ada kasus aktif sama sekali. Untuk di Jatim sendiri, saat ini tidak ada kabupaten/kota yang dinyatakan zona hijau," terangnya.

Jibril menambahkan ada 9 kabupaten/kota di Jatim yang masih masuk zona merah. Zona tersebut merupakan update dari pusat pada Selasa (28/7) lalu. Untuk Selasa kemarin, pusat belum mengupdate.

Untuk zona merah di Jatim saat ini ada 9 kabupaten/kota. Yakni di Kota Surabaya, Kota Pasuruan, Sidoarjo, Gresik, Kota Malang, Kota Batu, Kota Mojokerto, Jombang dan Kabupaten Mojokerto.

Lalu untuk zona oranye di Jatim, ada 25 kabupaten/kota. Yakni di Sampang, Pamekasan, Kota Probolinggo, Nganjuk, Bojonegoro, Bangkalan, Sumenep, Situbondo, Kabupaten Probolinggo, Trenggalek, Kabupaten Blitar, Kabupaten Malang, Jember, Kabupaten Pasuruan, Magetan, Ngawi, Kota Kediri, Ponorogo, Kota Madiun, Tuban, Lamongan, Kota Blitar, Pacitan, Kabupaten Kediri dan Lumajang.

Lalu untuk zona kuning, ada 4 kabupaten/kota di Jatim yakni di Bondowoso, Kabupaten Madiun, Tulungagung dan Banyuwangi.

Tonton video 'Penyandang Diabetes Tetap Aman Pergi ke RS saat Pandemi Corona':

[Gambas:Video 20detik]



(fat/fat)