Pria di Bondowoso Curi Puluhan KWH Meter Listrik Pakai Seragam PLN

Chuk Shatu Widarsha - detikNews
Rabu, 05 Agu 2020 12:10 WIB
Seorang pencuri dengan pemberatan spesialis KWH listrik diringkus polisi. Dalam menjalankan aksinya, pelaku selalu berseragam layaknya petugas PLN.
Pelaku pencurian, Andri Agus (30)/Foto: Chuk Shatu Widarsha
Bondowoso -

Seorang pelaku pencurian dengan pemberatan spesialis KWH listrik diringkus polisi. Dalam menjalankan aksinya, pelaku selalu berseragam layaknya petugas PLN.

Pelaku yakni Andri Agus (30), warga Kelurahan Dabasah, Bondowoso. Dari tangan pelaku juga diamankan baju seragam PLN warna hijau, sepeda motor Honda BeAT bernopol P 5851 DG, serta sejumlah peralatan untuk beraksi.

"Pelaku sudah kami tetapkan sebagai tersangka dan ditahan," ungkap Kapolres Bondowoso AKBP Erick Frendriz saat dikonfirmasi detikcom di mapolres, Rabu (5/8/2020).

Ia menambahkan, dalam aksinya pelaku selalu menggunakan seragam layaknya petugas. Pengakuan sementara, sedikitnya ada 30 lokasi atau tempat di Bondowoso yang pernah jadi sasarannya.

"Masih kami kembangkan terus. Pelaku akan dijerat dengan Pasal 363 KUHP," imbuh mantan Kasat Resnarkoba Polres Metro Jakarta Barat ini.

Informasi yang diperoleh, hingga saat ini pelaku sudah menggasak puluhan KWH meter dan MCB meteran. Perlengkapan sambungan listrik itu berasal dari rumah tangga dan beberapa instansi pemerintah.

Karena pelaku selalu mengenakan seragam layaknya petugas PLN, sehingga warga mengira pelaku merupakan petugas yang sedang memperbaiki jaringan. Yang disasar biasanya rumah kosong di kompleks perumahan.

Informasi lain menerangkan, pelaku merupakan pecatan petugas PLN. Berbekal baju seragam itulah, pelaku kemudian menjalankan aksinya. Barang-barang hasil kejahatannya kemudian dijual ke penadah.

(sun/bdh)