Dukun Cabul Masukkan Telur ke Kemaluan Pasien Ditetapkan Tersangka

Ghazali Dasuqi - detikNews
Senin, 03 Agu 2020 17:16 WIB
Dukun Cabul Masukkan Telur ke Kemaluan Pasien Ditetapkan Tersangka
Polisi tunjukkan barang bukti dukun cabul (Foto: Ghazali Dasuqi/detikcom)
Situbondo -

Polisi Situbondo akhirnya menetapkan dukun cabul berinisial ARF, warga Bondowoso, jadi tersangka. Pria 40 tahun itu terindikasi melakukan perbuatan tak senonoh terhadap pasiennya, wanita 30 tahun, juga asal Bondowoso. Tak hanya ditelanjangi dan setubuhi. Berdalih untuk terapi pengobatan penyakit asam lambung yang diderita pasien, pelaku juga sempat melakukan tindakan tak lazim.

Saat itu, pelaku memasukkan telur ke kemaluan pasien. Berikutnya, sambil meminta korban agar mengeluarkan telur itu, pelaku juga ikut membantu.Praktek cabul sang dukun itu dilakukan dalam kamar D-8 sebuah Hotel di kawasan Pasir Putih, Kecamatan Bungatan.

"Setelah melakukan langkah-langkah, kami sudah menetapkan pria berinisial A dengan profesi dukun sebagai tersangka. Jadi sekarang status hukumnya sudah naik jadi penyidikan," kata Kapolres Situbondo, AKBP Sugandi dalam jumpa persnya di mapolres, Senin (3/8/2020).

Menurut Sugandi, dalam perkara ini pihaknya telah melakukan pemeriksaan sejumlah saksi dan mengamankan barang bukti. Ada empat saksi yang diperiksa, di antaranya korban dan suaminya. Selain itu, pihaknya juga telah mengamankan sejumlah barang bukti. Antara lain sebutir telur ayam, tiga lembar daun sirih, dan sejumlah pakaian wanita.

"Telur dan daun sirih itu juga dibawa oleh korban karena diminta pelaku sebagai syarat terapi pengobatan. Sudah kita amankan," tandas mantan Kapolres Pacitan itu.

Akibat perbuatannya, pelaku dukun cabul terancam dijerat dengan pasal 285 KUHP tentang perkosaan, subs pasal 290 KUHP tentang perbuatan cabul. Dengan ancaman hukuman paling lama 12 tahun penjara.

"Kalau yang perkosaan ancamannya 12 tahun penjara. Kalau yang pencabulan ancamannya 9 tahun penjara," paparnya.

(fat/fat)