Pertama Kali Wisuda Daring, ITS Gunakan Metode Permainan Virtual

Faiq Azmi - detikNews
Minggu, 02 Agu 2020 21:31 WIB
Gelar Wisuda Daring Pertama, ITS Hadirkan Minecraft
Foto: Istimewa
Surabaya -

Pandemi COVID-19, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) menggelar Wisuda ke-121 secara hybrid (luring dan daring). Menariknya, wisuda online ini dirancang dengan menggunakan minecraft (jenis permainan virtual).

Salah satu dosen Departemen Teknik Informatika ITS, Hadziq Fabroyir SKom PhD menjelaskan bahwa dirinya membuat bangunan Gedung Graha Sepuluh Nopember ITS secara virtual menggunakan Minecraft Education Edition yang telah dilanggan oleh ITS.

Dengan menggunakan itu, dirinya bersama dengan 14 orang lain yang menyukai permainan ini berinisiatif membuat bangunan virtual khusus untuk memeriahkan wisuda yang seharusnya digelar Maret 2020 ini.

Ia mengaku, timnya sempat kurang referensi terkait bentuk gedung. Dikarenakan memang tidak ada tim yang ingat secara detail bagaimana bentuk bangunan tersebut.

"Akhirnya, kami merangkai konstruksi graha di Minecraft berdasarkan gambar-gambar yang kami kumpulkan dari internet," ujarnya.

Untuk pengoperasiannya, dilakukan secara langsung ketika Wisuda ke-121 dilaksanakan. Komunikasi antar pemain yang bergabung di proses Wisuda Minecraft ITS dilakukan melalui Discord. Zoom hanya menerima video feed dari OBS Virtual Camera yang ditransmisikan dari server Minecraft ITS.

Istimewanya, Wisuda ke-121 ITS ini juga mendapat sambutan dari Wakil Gubernur Provinsi Jawa Timur Dr Emil Elestianto Dardak MSc yang terhubung secara daring. Lalu juga komedian terkenal Lies Hartono atau dikenal dengan Cak Lontong dan presenter televisi nasional Brigita Manohara yang kebetulan keduanya juga alumni ITS.

Mereka turut memberikan pesan dan motivasi bagi seluruh wisudawan yang telah hadir secara daring.

Selanjutnya
Halaman
1 2