Ditutup Dampak COVID-19, Jalan Rungkut Menanggal Surabaya Kembali Dibuka

Esti Widiyana - detikNews
Sabtu, 01 Agu 2020 21:25 WIB
Jalan rungkut menanggal dibuka
Jalan Rungkut Menanggal dibuka (Foto: Esti Widiyana/detikcom)
Surabaya -

Jalan Rungkut Menanggal Kota Surabaya, sempat ditutup sejak PSBB Surabaya Raya jilid tiga Juni 2020. Hari ini, Jalan Rungkut Menanggal kini sudah bisa dilewati kembali, meski hanya satu jalur. Semua kendaraan baik roda dua dan empat bisa melintas.

Pengendara kini bisa mengakses jalan untuk keluar dari Surabaya atau Sidoarjo. Jalan Rungkut Menanggal ditutup sementara sebagai upaya menekan penyebaran COVID-19. Penutupan Jalan Rungkut Menanggal tersebut merupakan hasil koordinasi Pemkot Surabaya bersama Polrestabes Surabaya dan Polresta Sidoarjo.

"Hasil rapat dengan Gugus Tugas, Kepolisian, TNI, dibuka bertahap arah luar kota," kata Kadishub Surabaya Irvan Wahyudrajad saat dikonfirmasi, Sabtu (1/8/2020).

Sementara bagi pengguna jalan yang akan masuk ke Surabaya, tetap diimbau melewati Jalan Merr Gunung Anyar. Sejak dibuka kembali, aktivitas kendaraan, tepatnya yang berbatasan dengan Perumahan Pondok Tjandra sudah ramai dan lancar.

Petugas Dishub, Satpol PP, BPB Linmas beserta jajaran juga berjaga di lokasi. Sebab, beberapa pengendara dari luar kota terpaksa harus distop dan diarahkan untuk lewat Merr.

"Dibukanya jalan ini tidak serta merta atau tanpa alasan. Salah satu pertimbangannya, kawasan tersebut untuk saat ini sudah dinyatakan hijau. Tapi evaluasi tetap akan dilakukan rutin," jelasnya.

Sementara Camat Gunung Anyar Maria Agustin mengatakan, pertimbangan lain yang dipakai pemkot adalah ekonomi warga atau pemilik usaha di kawasan itu. Sebab, banyak warga yang memiliki usaha di sana.

Namun dia menegaskan warga tetap menjalankan protokol kesehatan dengan ketat. Hal itu wajib selama pandemi COVID-19 belum sepenuhnya usai.

"Pertimbangan ekonomi warga atau pemilik usaha sekitar (Dibuka kembali) dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan," pungkasnya.

(fat/fat)