Dua Petugas Bawaslu Ponorogo Positif COVID-19, Kantor Disemprot Disinfektan

Charoline Pebrianti - detikNews
Jumat, 31 Jul 2020 19:19 WIB
bawaslu ponorogo
Kantor Bawaslu Ponorogo (Foto: Charoline Pebrianti)
Ponorogo -

Dua petugas Bawaslu Ponorogo dinyatakan positif COVID-19. Satu adalah PNS Dispora yang bertugas di Kantor Bawaslu, Jalan Trunojoyo serta satu orang petugas Bawaslu dari Kecamatan Bungkal.

"Dari total 519 petugas Bawaslu yang rapid test massal, hasilnya ada 11 reaktif. Dan hari ini ada 2 yang dinyatakan positif," tutur Bupati Ponorogo Ipong Muchlissoni kepada wartawan, Jumat (31/7/2020).

Kedua orang tersebut, lanjut Ipong, saat ini langsung menjalani perawatan di rumah sakit untuk isolasi. Keduanya ketahuan reaktif saat melakukan rapid test massal oleh Bawaslu. Usai dinyatakan reaktif langsung diambil swab untuk pemeriksaan PCR.

"Iya, langsung diisolasi di rumah sakit," terang Ipong.

Sementara, Ketua Bawaslu Ponorogo Muhammad Syaifulloh mengatakan pihaknya akan melakukan penyemprotan disinfektan di kantornya menyusul adanya satu PNS yang dinyatakan positif.

"Senin (3/8) nanti akan langsung disemprot disinfektan," ujar Gus Coy.

Namun, kebijakan KPU dan Bawaslu berbeda dalam menangani petugas yang reaktif. Jika KPU langsung mengganti petugas pemutakhiran data pemilih (PPDP) yang reaktif, maka lain dengan Bawaslu.

Meski ditemukan petugas yang reaktif bahkan dinyatakan positif COVID-19 tidak akan dicoret atau diganti.

"Jika nanti ada yang reaktif dan menunggu hasil swab harus karantina mandiri, jika positif harus sembuh dulu," imbuh Gus Coy.

Menurutnya, untuk pekerjaan pengawas yang positif bisa digantikan sementara oleh staf di kecamatan.

Ketika menjalani masa karantina, petugas diberikan cuti. Jika ada urusan pekerjaan, maka akan menggunakan sistem work from home (WFH) atau petugas juga bisa bekerja dari tempat isolasi.

"Karena cuti, tidak bisa menerima uang perjalanan dinas atau transport yang kaitannya dengan kegiatan. Namun untuk gaji, tetap diberikan," tandas Gus Coy.

Data kasus konfirmasi positif COVID-19 di Ponorogo, total ada 198 pasien dengan rincian 167 orang sembuh, 5 orang meninggal dunia dan 26 menjalani isolasi di rumah sakit dan shelter.

(iwd/iwd)