Penerimaan Mahasiswa Baru, Kampus Unair Buka Dua Jalur Mandiri

Hilda Meilisa - detikNews
Minggu, 26 Jul 2020 12:20 WIB
Universitas Airlangga (Unair)
Universitas Airlangga (Foto: Esti Widiyana)
Surabaya -

Universitas Airlangga (UA) Surabaya membuka dua jalur mandiri untuk penerimaan mahasiswa baru. Ketua Pusat Pendaftaran Mahasiswa Baru (PPMB) UA, Dr Achmad Solihin mengatakan dua jalur yang dibuka yakni Mandiri Reguler dan Mandiri Kemitraan.

"Pendaftaran jalur mandiri reguler akan dibuka pada tanggal 27 Juli sampai 8 Agustus. Dengan pelaksanaan ujian pada 15 sampai 16 Agustus," kata Solihin di Surabaya, Minggu (26/7/2020).

Solihin menambahkan untuk ujian mandiri reguler dilangsungkan secara online. Peserta tidak perlu datang ke kampus untuk ujian, namun melaksanakan ujian dari rumah masing-masing.

"Materi uji pada Mandiri Reguler berbeda dengan UTBK. Materi uji, yaitu tes potensi akademik (TPA) dan tes kemampuan akademik bidang studi seperti Matematika, Biologi, Fisika, Kimia untuk kelompok Saintek dan Geografi, Ekonomi, Sejarah, untuk kelompok Soshum," paparnya.

Sementara untuk jalur mandiri kemitraan, Solihin menyebut jalur ini diperuntukkan bagi mitra UA. Baik perusahaan, institusi, atau yayasan, untuk mendaftarkan putra putri dari karyawan mereka.

Tak hanya itu, Solihin mengingatkan peserta perlu mematangkan pilihan program studi. Maksimal program studi yang dapat dipilih, yaitu dua prodi, baik untuk kelompok Saintek, Soshum, maupun Campuran.

"Pada jalur mandiri kemitraan peserta harus direkomendasikan oleh institusi, industri, maupun pemerintahan yang memberikan dukungan terhadap calon yang bersangkutan," lanjut Solihin.