Terhempas Gelombang Tinggi, Kapal Barang Bocor Tabrak Karang di Sumenep

Ahmad Rahman - detikNews
Minggu, 26 Jul 2020 10:10 WIB
kapal kandas
Kapal yang menabrak karang sehingga kandas (Foto: Istimewa)
Sumenep -

Angin kencang dan gelombang tinggi membuat kapal barang KM DJO 3 kandas di perairan Pulau Masalembu, Kepulauan Sumenep. Kapal yang memuat barang kelontong dan bahan bangunan tersebut berlayar dari Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya tujuan Kalimantan Timur.

Kecelakaan laut tersebut berawal saat KM DJO 3 yang memasuki perairan Selatan Masalembu pada Jumat (24/7) tiba-tiba dihantam angin dan ombak besar. Kapal terhempas dan hanyut menabrak batu karang yg menyebabkan kebocoran di bagian haluan depan lambung Kapal.

"Kapal dihantam ombak besar sehingga hanyut dan menabrak batu karang dan menyebabkan kapal bocor di bagian haluan depan kapal," kata Humas Polres Sumenep AKP Widiarti, Minggu (26/7/2020).

Saat ini posisi kapal kandas berada di atas batu karang di sebelah selatan Pulau Masalembu. Akibat dari kejadian tersebut, ABK dievakuasi ke darat pada Sabtu (25/7) sekira pukul 06.00 WIB oleh Petugas Syahbandar dibantu para nelayan menggunakan Perahu.

"Kemudian ABK sebanyak 9 orang dibawa ke Kantor Sayahbandar Masalembu dan 7 orang ABK bertahan di Kapal untuk Menjaga Kapal dan barang muatannya," terang Widi.

Tak ada korban jiwa dalam kejadian itu, nakhoda kapal Kapten Anut Anggiawan beserta 15 ABK selamat. Sedangkan kerugian materiil hingga saat ini belum bisa di tentukan. Dan hingga saat ini barang muatan kapal dievakuasi ke pinggir pantai dengan menggunakan 3 perahu nelayan.

Petugas Syahbandar Masalembu bersama Polsek dan Koramil Masalembu melakukan penjagaan KM DJO 3 yang lokasinya berjarak sekitar 2 mil dari bibir pantai Dusun Baru, Desa Masalima, Kecamatan/Kabupaten Masalembu.

Tonton video 'Kapal Tenggelam, 6 ABK 2 Hari Terapung di Laut':

[Gambas:Video 20detik]



(iwd/iwd)