Meski Erupsi, Warga di Lereng Gunung Raung Tetap Beraktivitas

Ardian Fanani - detikNews
Rabu, 22 Jul 2020 17:00 WIB
gunung raung
Gunung Raung (Foto: Ardian Fanani/detikcom)
Banyuwangi -

Meski berstatus waspada, masyarakat yang berada di lereng Gunung Raung, Kecamatan Songgon tetap beraktivitas seperti biasa. Sebagian warga belum mengetahui jika gunung yang berada di perbatasan Banyuwangi, Bondowoso dan Jember ini sedang erupsi.

Kepala Desa Sumber Arum Kecamatan Songgon Banyuwangi, Ali Nur Fatoni mengatakan, area pemukiman penduduk yang ada di wilayahnya tepat di lereng Gunung Raung. Namun hingga saat ini, aktivitas masyarakat setempat dinilai masih berjalan normal.

"Sampai saat ini masyarakat tetap melakukan aktivitas seperti biasa. Seolah tidak ada apa-apa," ujarnya kepada detikcom, Rabu(22/7/2020).

Mereka tetap menjalankan pekerjaannya sebagai petani di ladang juga di berbagai perkebunan setempat. Sementara di pasar juga masih melakukan aktivitas perdagangan.

Menurut Fatoni, pihaknya telah melakukan sosialisasi kepada warganya untuk tidak panik. Jika mendapatkan informasi sekecil apapun di harapkan segera berkoordinasi dengan pemerintah desa setempat, untuk memastikan kebenaran kabar tersebut.

"Sebagian kita lakukan sosialisasi. Tapi kita tetap koordinasi dengan pihak camat dan BPBD jika kondisi memang gawat," pungkasnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2