11 Tahun Jadi Bhabinkamtibmas Kuda, Aipda Hendry Diapresiasi Mabes Polri

Sugeng Harianto - detikNews
Selasa, 21 Jul 2020 22:10 WIB
bhabinkamtibmas kuda
Saat Aipda Hendry Setiawan mendapat apresiasi (Foto: Sugeng Harianto)
Madiun -

Aipda Hendry Setiawan, anggota Polsek Dolopo Polres Madiun mendapatkan apresiasi dari Direktorat Polisi Satwa Baharkam Polri. Apresiasi diberikan karena selama 11 tahun bertugas sebagai Bhabinkamtibmas Kelurahan Bangunsari Polsek Dolopo, Hendry menggunakan kuda sebagai alat transportasi.

"Ndak ada yang lainnya dan hanya di sini (satu-satunya Bhabinkamtibmas di Indonesia tranportasi dengan kuda). Hanya ini satu, makanya saya langsung ke sini. Saya merasa apresiasi sekali dengan kegiatan ini dari Bhabinkamtibmas berkuda," ujar Direktorat Polsatwa Korshabara Baharkam Polri Brigjen Hariyanto di Polsek Dolopo Madiun, Selasa (21/7/2020).

Hendry yang membeli kuda secara mandiri ini, lanjut Hariyanto, dinilai berhasil mendekati masyarakat hingga dikenal di wilayahnya bertugas.

"Jadi dengan menggunakan kuda ini, lebih bisa memberikan pembinaan dan bimbingan kepada masyarakat. Lebih mudah dikenal oleh masyarakat makanya dia terkenal dengan nama mungkin Bhabinkamtibmas kuda," kata Hariyanto.

"Itu tadi salah satunya karena beliau juga bukan pintar berkuda tapi juga pintar jadi dalang wayang. Dan kuda miliknya itu dibeli dengan uang pribadinya, bukan negara," imbuh Hariyanto.

Hendry sendiri mengaku senang dan berterimakasih atas apresiasi yang diberikan untuknya. "Alhamdulillah terimakasih atas apresiasi dari Ditpolsatwa dan saya akan melaksanakan dengan baik untuk mengemban tugas saya," ujar Hendry.

Sementara itu Kapolres Madiun AKBP Eddwi Kurniyanto mengatakan pihaknya memberikan kesempatan kepada semua anggota untuk selalu kreatif. "Sudah sering saya sampaikan ke semua anggota untuk semangat dalam berinovasi saat bertugas," kata Eddwi.

Menurut Eddwi, selama kegiatan pencegahan penyebaran COVID-19, dengan naik kuda Hendry gencar mendatangi masyarakat untuk sosialisasi cara hidup sehat. Kuda tersebut miliknya sendiri. Ia sudah empat kali ganti kuda dengan membelinya seharga Rp 30 juta.

Dalam pemberian penghargaan itu, Direktorat Polsatwa Korshabara Baharkam Polri membawa dua ekor kuda langsung dari Jakarta. Dua kuda itu dipertemukan dengan kuda milik Hendry dan ditunggangi menuju Polsek Dolopo mulai start Puskesmas Bangunsari berjarak sekitar 500 meter.

(iwd/iwd)