Kawasan Pabean Cantikan Disemprot Disinfektan

Hilda Meilisa - detikNews
Selasa, 21 Jul 2020 16:05 WIB
penyemprotan disinfektan
Foto: Istimewa
Surabaya -

Untuk menghentikan penyebaran COVID-19 tak hanya dilakukan pemerintah saja. Swasta juga turut mendukung memutus mata rantai penyebaran COVID-19. Khususnya di wilayah Surabaya yang masih zona merah.

Sebagai bentuk kepedulian terhadap warga di sekitar lingkungan kerjanya, PT SPIL (Salam Pacific Indonesia Lines) menyerahkan bantuan ke Satgas Kampung Tangguh Semeru di RW 4, 5 dan 7 di Kelurahan Perak Utara, Kecamatan Pabean Cantikan. Bantuan yang diberikan berupa berupa masker, face shield, tempat cuci tangan yang akan ditempatkan di tiga RW tersebut, sabun cuci tangan, cairan disinfektan, sprayer disinfektan dan kaos untuk para petugas satgas.

"Kami memilih kampung ini karena lokasinya dekat dengan depo kami yaitu Depo Teluk Bayur. Sasaran kami adalah Satgas sehingga bisa mendukung keberadaan Kampung Tangguh. Semoga apa yang kami berikan dapat bermanfaat bagi masyarakat sekitar dan masyarakat lebih aware dalam penerapan protokol kesehatan selama pandemi sehingga Surabaya bisa segera menjadi zona hijau," ujar Danny Setiawan, Head of Corporate Communication PT SPIL saat penyerahan bantuan di Kantor Kecamatan Pabean Cantikan, Selasa (21/7/2020).

Penyerahan bantuan yang dihadiri oleh Sekcam Pabean Cantikan Halim Mushthofa Kamal, perwakilan RW, Babinsa, Bhabinkamtibmas digelar dengan memperhatikan protokol kesehatan. Seperti menjaga jarak, semua peserta memakai masker dan juga disediakan tempat cuci tangan.

Selain memberikan peralatan, pada minggu berikutnya PT SPIL akan memberikan penyuluhan kesehatan di wilayah yang sama. Penyuluhan ini dilakukan menggandeng RS Gotong Royong, Surabaya. Selain itu juga akan dibuatkan spanduk tentang protokol kesehatan yang nantinya akan dipasang di kampung tersebut.

Lurah Perak Utara, Tri Sukoyono menyambut baik aksi kepedulian yang dilakukan PT SPIL. "Kami sangat berterima kasih karena ada perusahaan yang peduli dengan lingkungan sekitarnya," kata Tri.Selain di wilayah Kecamatan Pabean Cantikan, PT SPIL juga mendukung Kecamatan Asemrowo dalam pembuatan video sosialisasi tentang manfaat rempah-rempah untuk kesehatan dan guidance Kampung Tangguh.

Peralatan yang diserahkan akan membantu Satgas saat sosialisasi protokol kesehatan di wilayahnya. "Menurut kami, yang paling dibutuhkan untuk menghentikan penyebaran COVID-19 ini adalah kedisiplinan warga untuk mematuhi anjuran dari pemerintah. Selama ini kami melakukan sosialisasi melalui berbagai lini mulai dari Satgas, kader Posyandu, PKK dan tokoh masyarakat untuk meneruskan informasi," tuturnya.

Sementara Camat Pabean Cantikan, Dewanto menambahkan bantuan ini juga untuk perbaikan ekonomi masyarakat. "Kami butuh uluran tangan pihak lain untuk memberi pelatihan kepada warga yang kehilangan pekerjaan dan anak-anak lulus SMA yang tidak bisa melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi agar mere bisa menjadi pelaku UKM," kata Dewanto.

(hil/fat)