500 Ibu Hamil di Surabaya Ikut Tes Swab Gratis

Deny Prastyo Utomo - detikNews
Selasa, 21 Jul 2020 10:40 WIB
Pemkot Surabaya bakal memprioritaskan kesehatan ibu hamil di tengah pandemi COVID-19. Salah satunya dengan menggratiskan biaya persalinan dan perawatan saat melahirkan di rumah sakit rujukan.
Kadinkes Surabaya (Foto file: Amir Baihaqi/detikcom)
Surabaya -

Sebanyak 500 Ibu hamil mengikuti tes swab di Gelora Pancasila. Progam dari Pemkot Surabaya ini untuk melindungi warganya di tengah pandemi COVID-19.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Surabaya Febria Rachmanita mengatakan tes swab yang dikhususkan untuk ibu hamil ini dilakukan kepada para ibu hamil yang usia kehamilan memasuki 37 minggu.

"Ini semua ibu hamil kita periksa, Hari ini kurang lebih sekitar 500-an yang kita periksa," kata Febria saat dikonfirmasi detikcom, Selasa (21/7/2020).

Febri menjelaskan program ibu hamil dengan usia kehamilan 37 minggu yang lakukan tes swab merupakan program dari pemkot Surabaya.

"Kalau misalnya ibu hamil kita periksa nanti kalau hasilnya positif, maka dia dirujuk bidan kelurahan (bikel) atau puskesmas. Itu dirujuk ke RS Rujukan COVID-19. Tetapi kalau dia non COVID, berarti dia dirujuk ke rumah sakit ibu anak yang tidak melayani pasien COVID. Kenapa? Karena rumah sakit ibu dan anak tidak mempunyai ruang isolasi tekanan negatif dan ruang operasi yang tekanan negatif," papar Febria.

Ratusan ibu hamil mengikuti tes swab di Gelora Pancasila, jelas dia, tidak akan sendirian. Mereka didampingi dokter spesialis kandungan dan bidan kelurahan siaga.

"Bidan kelurahan siaga itu yang bertanggung jawab terhadap kondisi ibu hamil. Sehingga dia selalu didampingi mulai kehamilan pertama hingga dia melahirkan di rumah sakit mana," ungkap Febri.

Dia menjelaskan, para ibu hamil ini juga difasilitasi saat akan mengikuti tes swab. Mereka dijemput dari rumah masing-masing.

"Mereka dijemput oleh puskesmas dengan bidan kelurahannya. Pokoknya ibu hamil di Surabaya selalu didampingi bikel (bidan kelurahan siaga)," lanjut Febri.

Sampai kapan program tes swab untuk ibu hamil ini berlangsung, Febri mengaku hingga pandami ini selesai. "Sampai pandemi ini hilang," tandas Febria.

Tonton video 'RS Dadi Makassar Rawat 40 Ibu Hamil Positif COVID-19':

(fat/fat)