New Normal, 111 Tempat Wisata di Jawa Timur Sudah Beroperasi

Faiq Azmi - detikNews
Selasa, 21 Jul 2020 07:53 WIB
Tempat Wisata Pasuruan
Tempat wisata di Pasuruan (Foto file: Muhajir Arifin/detikcom)
Surabaya -

Memasuki new normal, 111 tempat wisata di Jawa Timur sudah beroperasi. Untuk wisata unggulan di Jatim seperti Bromo Tengger Semeru (BTS), rencananya akan buka Agustus mendatang.

"Dari hasil koordinasi dengan kabupaten/kota di Jatim, sampai hari ini sudah ada 111 daya tarik wisata yang sudah kembali buka," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jatim, Sinarta, Selasa(21/7/2020).

Kepastian 111 tempat wisata di Jatim buka, dijelaskan Sinarta, setelah pihaknya berkoordinasi dengan Disbudpar masing-masing kabupaten/kota.

"Beberapa daerah di Jatim yang menyatakan kesiapannya kembali membuka tempat wisata setelah tutup dampak pandemi COVID-19. Di antara yang menyatakan siap adalah Kabupaten Banyuwangi, Kota Batu, Kabupaten Pacitan, dan Blitar," jelasnya.

Untuk kawasan wisata favorit seperti Bromo Tengger Semeru, pihaknya masih menunggu lampu hijau dari disbudpar lokasi wisata terkait serta Balai Besar Taman Nasional (BBTN) BTS. BTS sendiri letak geografisnya berada di empat wilayah yakni Pasuruan, Malang, Lumajang dan Probolinggo.

"Rencananya Agustus, BTS akan kembali beroperasi. Kami berharap dengan dibukanya objek-objek wisata di Jatim, ekonomi masyarakat dapat bisa segera pulih, tetapi protokol kesehatan merupakan kewajiban pokok," terangnya.

Tonton video 'WHO Sebut Butuh Waktu Lama untuk Kembali ke Kehidupan Normal':

(fat/fat)