Satu Dusun di Ponorogo Diisolasi, Wisata Mloko Sewu Ditutup

Charolin Pebrianti - detikNews
Senin, 20 Jul 2020 11:17 WIB
Poster
Ilustrasi Corona (Foto: Edi Wahyono/detikcom)
Ponorogo -

Sebuah dusun di Ponorogo diisolasi. Dusun Toyomarto, Desa Pupus, Kecamatan Ngebel, diisolasi mengantisipasi hasil test swab confirm COVID-19 salah satu warganya.

Meski dalam kondisi menunggu, Pemdes Pupus melakukan tindakan menutup Dusun Toyomarto. Langkah ini pun berdampak pada wisata Mloko Sewu yang berada di Desa Pupus.

"Ada pemberitahuan dari Pemdes Pupus soal isolasi di Dusun Toyomarto, kami ikuti saja demi keamanan dan kenyamanan bersama," tutur pengelola wisata Mloko Sewu, Feri Andrianto kepada detikcom, Senin (20/7/2020).

Feri menambahkan meski kawasan wisata Mloko Sewu baru dibuka sebulan lalu dan berlokasi jauh dari Dusun Toyomarto, pihaknya pun berani mengambil keputusan untuk menutup kembali lokasi wisata Mloko Sewu.

"Ya, kita ikuti arahan. Kita tutup dulu dan baru dibuka nanti tanggal 2 Agustus 2020," jelas Feri.

Pihaknya pun menegaskan melakukan protokol kesehatan terutama kepada pengelola dan warga sekitar Mloko Sewu.

"Saya sudah melakukan protokol kesehatan kepada pengelola yang ada di sini dan warga sekitar," papar Feri.

Sementara Bupati Ponorogo Ipong Muchlissoni membenarkan adanya isolasi wilayah di Dusun Toyomarto, Desa Pupus, Kecamatan Ngebel.

"Jadi ceritanya tanggal 12 Juli 2020 itu ada yang meninggal mendadak, tidak ada gejala, tapi riwayat dari Jakarta," terang Ipong.

Pemakaman pun dilakukan dengan standar COVID-19. Hasil tracing kontak erat pun didapat ada dua orang yang confirm. "Hasil tracing, ibu dan kakak almarhum confirm," jelas Ipong.

Tonton video 'Banjir Terjang Wisata Pemandian Kali Boro-boro Konawe Selatan':

(fat/fat)