Gunung Raung Erupsi, BPBD Banyuwangi Hentikan Pendakian Via Banyuwangi

Ardian Fanani - detikNews
Kamis, 16 Jul 2020 20:34 WIB
Erupsi Skala Kecil, Status Gunung Raung Masih Dievaluasi
Gunung Raung erupsi (Foto: Istimewa)
Banyuwangi -

Gunung Raung erupsi skala kecil. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banyuwangi pun menghentikan pendakian ke gunung setinggi 3.300 meter di permukaan air laut (MDPL) itu. Pihaknya berkoordinasi dengan Camat Kalibaru, melakukan penghentian pendakian dari jalur Wonorejo, Banyuwangi.

Kabid Logistik dan Kedaruratan BPBD Kabupaten Banyuwangi Eka Muharram mengatakan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan 3 camat yang lokasinya berada di sekitar Gunung Raung. Di antaranya, Camat Sempu, Songgon dan Kalibaru. Untuk Kecamatan Kalibaru, pihaknya meminta untuk menghentikan aktivitas pendakian Gunung Raung yang melalui Wonorejo.

"Kami minta untuk tidak ada pendakian untuk saat ini," ujar Eka Muharram kepada detikcom, Kamis (16/7/2020).

Saat ini, kata Eka, tidak ada laporan hujan abu di sekitar Gunung Raung setelah adanya erupsi skala kecil itu. Namun pihaknya minta masyarakat waspada.

"Waspada saja. Jangan panik. Karena saat ini kita evaluasi. Kami juga berkoordinasi dengan PVMBG terkait dengan erupsi ini," tambahnya.

Untuk wilayah terdekat dari puncak Gunung Raung, kata Eka, berada di Dusun Bejong, Kecamatan Songgon. Namun jaraknya sangat jauh yakni sekitar 12 hingga 15 KM.

Selanjutnya
Halaman
1 2