Dua Rumah Warga di Situbondo Hangus Terbakar

Ghazali Dasuqi - detikNews
Rabu, 15 Jul 2020 11:00 WIB
Dua Rumah Warga di Situbondo Rata Dengan Tanah
Foto: Ghazali Dasuqi
Situbondo -

Kebakaran hebat terjadi di pemukiman warga di Situbondo, dini hari tadi. Akibat peristiwa tersebut, 2 rumah warga di Desa Palangan Kecamatan Jangkar, hangus terbakar.

Bahkan, kondisi rumah milik Junaedi (40) dan Hendri (45) sampai rata dengan tanah. Sebagian besar perabot di dalamnya juga ikut ludes dilalap api.

"Kebakaran itu terjadi sekitar pukul 00.17 Wib. Untung semua penghuni rumah masih bisa menyelamatkan diri. Tidak ada korban jiwa maupun cedera. Kalau dua rumah itu rusak total, rata dengan tanah," kata Koordinator Pusdalops BPBD Situbondo Puriyono, Rabu (15/7/2020).

Keterangan yang diperoleh detikcom menyebutkan, saat kebakaran terjadi kebanyakan penghuni rumah sedang tidur. Mereka terbangun saat dua rumah itu sudah dilalap si jago merah. Tahu begitu, keluarga Junaedi dan Hendri bergegas menyelamatkan diri. Mereka berlarian keluar rumah, sambil sebisanya berupaya mengevakuasi barang-barang berharga dari dalam rumah.

Tak hanya itu, sambil berteriak minta tolong mereka juga berusaha memadamkan api. Namun, upaya ini gagal karena amukan si jago merah justru makin membesar. Beruntung teriakan itu didengar warga, hingga banyak yang berdatangan.

Warga pun langsung berusaha membantu memadamkan api dengan peralatan seadanya. Beruntung, tak lama satu unit PMK Pemkab Situbondo yang siaga di Pos Asembagus, datang ke lokasi. Menyusul satu unit PMK dari Pos Kota juga diluncurkan ke lokasi kebakaran.

Api pun berhasil dijinakkan beberapa waktu kemudian. Namun saat itu kondisi rumah sudah nyaris rata dengan tanah. Beruntung tidak ada korban jiwa maupun korban luka dalam peristiwa kebakaran tersebut.

"Soal api berasal dari mana dan kebakaran itu disebabkan apa, semuanya masih dalam penyelidikan pihak berwenang. Kami tidak bisa memberikan kesimpulan," papar Puriyono.

(fat/fat)