Ini Awal Mula SMKN 4 Malang Mempunyai Bisnis Hotel

Muhammad Aminudin - detikNews
Rabu, 15 Jul 2020 09:26 WIB
smkn 4
Hotel SMKN 4 Malang (Foto: Muhammad Aminudin/File)
Mojokerto -

SMKN 4 Malang telah membuka jasa penginapan hotel. Bagaimana ceritanya sekolah ini bisa berbisnis hotel?

Kepala sekolah SMKN 4 Malang Wadib Su'udi mengatakan adanya kamar-kamar hotel bermula ketika pihaknya harus mengurangi rombongan belajar (rombel) atau kelas yang telah dimiliki. Itu setelah terbit surat keputusan dari direktorat Kemendikbud RI yang mengharuskan SMK hanya memiliki 75 rombel saja.

Di sisi lain, lanjut Wadib, SMK Negeri 4 telah ditunjuk menjadi Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) dibawah Pemprov Jawa Timur. Otomatis, SMK Negeri 4 Malang halal untuk membuka unit usaha.

"Sementara kami 94 rombel, harus dikurangi. Itu kami lakukan selama tiga tahun ini agar sesuai dengan aturan direktorat menjadi 75 rombel. Nah, sisa rombel daripada tak berguna, kami sulap sebagai kamar hotel. Karena 2018 lalu, kita sudah punya jurusan perhotelan," terang Wadib.

12 Rombel yang tak berfungsi akhirnya menjadi 28 kamar hotel. Untuk di lantai dua, kamar hotel menyediakan family room dan lantai tiga tersedia layanan kamar untuk sigle bad dan twin bad.

Sebelumnya, SMKN 4 Malang yang bekerjasama dengan RedDoorz viral di media sosial. Adalah akun Twitter @NOLEP yang mengunggah foto gedung sekolah dengan judul 'selama pandemi sekolahku jadi hotel'. Cuitan itu mendapatkan 1,4 ribu retweet dan disukai 6,8 ribu. Namun pada hari ini, akun @NOLEP tersebut sudah non aktif.

(iwd/iwd)